Posts

Showing posts from September, 2019

Menyikapi Rumah Tangga LDR

Image
Tempat terbaik istri adalah berada di sisi suaminya. Namun apadaya terkadang takdir memaksa sebuah rumah tangga harus terpisah jarak dan waktu. Gak bisa kita nge-judge harusnya begini atau begitu, karena pertimbangan dan situasi masing-masing rumah tangga berbeda satu dengan yang lainnya.

Memasuki 12 tahun pernikahan hampir setengahnya saya jalani dalam rumah tangga LDR (Long Distance Relationship).  Awal-awal pernikahan saya banyak stay di Jakarta dan Depok, sementara suami berkelana ke kota lain sesuai lokasi proyek penugasan dari perusahaan.  Maklum, suami buruh bangunan hehehe. Sempat hampir 4 tahun merasakan kebersamaan di bawah satu atap saat tinggal di kota Batam. Namun akhirnya kembali berjauhan ketika suami memutuskan kembali ke basecamp Jakarta, sementara saya mengambil tugas birrul walidain di kota kelahiran, Bandar Lampung.

LDR dengan suami memang tak mudah, apalagi tak sedikit rumah tangga yang akhirnya kandas dengan alasan perasaan cinta ikut terkikis seiring terbentang…

Bagaimana Menemukan Ide Menulis

Image
Haloo ...
Apa kabar emak dumay hari ini? Semoga gak ada yang terkena sindrom i hate monday, ya...

Saya mau cerita dikit, mak, seputar bagaimana saya memperoleh ide dalam menulis. Kok tiba-tiba hari ini ingin berbagi tema ini sih? Jawabannya, karena kemaren-kemaren sempet ada yang nanya, dapet ide nulis dari mana aja? Mengingat beberapa tulisan saya menurut mereka sangat kontras antara satu dengan lainnya. Bisa non fiksi, fiksi, bahkan ke cerita fabel anak atau komik.

Tulisan atau karya saya baik di blog maupun dalam bentuk buku sebenarnya belum banyak mak.  Harap maklum sebab memang belum lama terjaga dari tidur panjang.

Perjalanan saya kembali aktif di dunia literasi dimulai sejak awal 2017.  Di penghujung 2018 meluncurkan buku kumpulan cerpen bertajuk "Andai Dosa berbau", diteruskan dengan mulai menjajal kelas komik. Kenapa saya tertarik dengan komik? sebab selain menulis saya juga suka menggambar.  Kesibukan as a writer belakangan terus bertambah dengan sesekali menulis …

Dibuang Sayang, Menyikapi Lukisan Gagal

Image
Resiko melukis secara otodidak tanpa didasari pengetahuan yang cukup seputar teknik menggoreskan kuas,  membuat langkah saya dalam hobi melukis banyak terkendala.

Karena memang menyenangkan bagi diri, intinya sih saya dalam melukis saya berusaha untuk tidak menyerah, terus berlatih sambil membaca beberapa teori dalam bentuk buku.  Belakangan saya juga kerap mengintip tutorial melukis di youtube.

Banyak lukisan gagal yang menurut kacamata saya gak layak dipajang, namun cukup sayang jika dibuang.  Masalahnya tak cuma mengingat ide dan waktu yang sudah diluangkan untuk menyelesaikanya, akan tetapi juga eman-eman dengan cat dan kanvas yang sudah terlanjur dipakai untuk mewarnai bidang gambar.  Hehe ... emak-emak medit judule, maklum hobi melukis itu gak murah (bagi saya).

Apa saja yang saya lakukan ketika lukisan terlanjur gak memuaskan atau salah menggoreskan warna?

Merevisi Lukisan
Ketika cat masih basah, sepanjang pengalaman pribadi masih bisa diakali dengan teknik ditimpah dengan warn…

Mengintip Peralatan Wajib Penyuka Seni Lukis

Image
Kemampuan melukis sebenarnya saya peroleh otodidak, tanpa melalui proses belajar di sanggar seni rupa maupun privat dengan seorang maestro seni lukis.  Hobi ini pun muncul begitu saja setelah seorang teman memberikan beberapa lembar kanvas berbagai ukuran yang sudah ber-spanram berikut kuas dan satu set cat minyak di tahun 2000-an sebagai hadiah ulang tahun. Sekali mencoba bermain warna di atas media kanvas, selanjutnya saya ketagihan (Sebelumnya lebih memilih sketsa hitam putih di kertas biasa).

Belum banyak sebenarnya lukisan karya saya dan hasilnya secara kualitas mungkin masih jauh jika dibandingkan dengan karya pelukis-pelukis ternama.

Baca secuil-kisah-goresan

Meski demikian saya percaya kemampuan melukis akan terus berkembang seiring seseorang terus berlatih menggunakan kuas dan segala peralatannya.

Awal melukis sempat bingung karena gak tahu harus memulai dari mana bahkan peralatan pun bingung cara memakainya.  Seiring waktu berjalan melalui buku-buku teknik dasar melukis--wa…

7 Alasan Kembali Nge-Blog

Image
Dulu, ketika sempat ngeblog di tahun 2007an dan rajin menulis di ainamq.multiply.com saya hanya merasakan sedikit manfaat dari rutinitas itu. Salah satunya hanya melatih kemampuan menulis dan kepekaan diri memperhatikan lingkungan sekitar.  Belum ada benefit lain yang dirasa sehingga saat multiply pamit dari dunia maya sedikitpun saya tak merasa kehilangan.

Hampir sepuluh tahun mengubur kegemaran menulis, sebab kesibukan sebagai ibu rumah tangga. Entah bagaimana, akhirnya kok tiba-tiba seperti terpanggil kembali untuk menuangkan seluruh kemampuan mengolah kata.  Awalnya memang belum kepikiran untuk ngeblog lagi, tetapi lebih mengarah ke menerbitkan buku atau menulis tulisan-tulisan yang bermanfaat.

Baca juga : bangkit-dari-tidur-panjang

Belakangan, setelah sedikit demi sedikit mulai eksis di dunia literasi, saya merasa perlu sebuah ruang khusus untuk menampung segala pemikiran, catatan hidup dan imajinasi yang mengendap di kepala.  Sosmed semacam facebook, IG, bahkan twitter dengan s…

Kepemimpinan dalam Islam

Image
Kepemimpinan dalam islam dituntut untuk mampu mengayomi seluruh negeri dengan menerapkan sistem syariah islamiyah.  Yakni sebuah aturan yang dibuat langsung oleh Allah, bukan berdasarkan pikiran, feeling dan hawa nafsu manusia.

Itulah sebabnya menentukan seorang pemimpin dalam islam sangat krusial dan tidak main-main.  Sebab yang paling diutamakan adalah kapasitasnya dan komitmen dalam menerapkan Al-Quran dan Sunnah.

Bahkan dalam siroh nabawiyah diceritakan, ketika Rasulullah wafat jenazahnya disemayamkan hingga 3 hari, sebab para sahabat, ulama dan rakyat sibuk berdiskusi menentukan siapa pemegang tongkat estafet kekhalifahan setelah nabi.

Bukankah dalam islam urusan menguburkan jenazah harus disegerakan? Mengapa manusia mulia sekelas rasulullah justru harus menunggu lama untuk di makamkan.

Asbabnya tiada lain karena kepentingan rakyat dalam kepastian adanya pemimpin baru lebih penting di atas upacara pemakaman, meski kekasih Allah sekalipun yang berpulang.

Waspadai Pemimpin Tak Aman…

Kista, Gangguan Kesehatan yang Bikin tak Nyaman

Image
Pasca operasi jumat lalu, masih ada satu tahapan lain yang harus dijalani yakni kontrol pasca biopsi dan mendengarkan hasil laboratorium terkait benjolan yang sudah diangkat.

Senin, selepas ashar, saya sudah duduk manis di ruang tunggu poli bedah sesuai jadwal kontrol yang diberikan sebelum keluar rawat inap. Ada perasaan berkecamuk di dada. Lebih ke perasaan takut seandainya dokter membacakan hasil lab jika saya terkena kanker atau penyakit lain yang berbahaya.  Meski berkeringat dingin, ketakutan tetap harus dihadapi, kan?  Andaipun lari toh takdir Allah tak bisa dihentikan.

Tak menunggu lama perawat memanggil saya agar memasuki ruang periksa dan berkonsultasi dengan dr Deasiana Paksi Moeda, Sp. B, ahli bedah yang sejak awal membantu gangguan kesehatan yang saya alami.

Basa basi ringan tercipta seputar perawatan di rumah pasca operas sambil sang  asisten/perawat dengan cekatan menggunting 3 benang operasi yang masih bertengger di belakang leher sesuai instruksi bu dokter.

Setengah merin…

Waspada Radang Sendi, Penyakit Pengintai Segala Usia

Image
Sejak sabtu sore lelaki tua yang biasa saya panggil Babe, mengeluh kaki kirinya nyeri dan sulit menekuk.  Dalam setahun terakhir, entah sudah berapakali kakinya kerap bengkak.  Namun kali ini sumber sakitnya lebih mengarah ke dengkul bukan pergelangan kaki.

Berhubung weekend, dokter umum langganannya dr. Popo Mandala Libur, terpaksa jadwal kunjungan ditunda menunggu senin. Selepas mengantar anak-anak sekolah, pagi tadi bapak baru bisa diantar ke rumah praktek dokter tersebut.

Sedikit menunggu lama, sebab ketika datang, antrian pasien sudah panjang. Kami kebagian nomor 12.  Kelihatannya hari ini banyak diisi oleh pasien ABG (Angkatan Babe Gue).  Iya, kebanyakan mereka yang hendak berobat berusia lanjut dan datang dengan langkah tertatih seperti halnya bapak saya.

Ketika giliran dipanggil, dengan dibantu petugas bapak naik ke tempat tidur untuk diperiksa.  Rupanya kulit dengkulnya terlihat memar.  Sempat menghilang sebentar ke ruangan lain, dr Popo tak lama kembali dengan jarum suntik.…

Weekend Hemat, Sekeluarga Sehat

Image
Suatu ketika obrolan para ibu-ibu saat menjemput anak sekolah membahas topik 'kebingungan mengisi weekend di penghujung bulan'.  Kebanyakan orang tua inginnya menghabiskan waktu bersama anggota keluarga dengan aktivitas seru sekaligus menyehatkan. Masalahnya, mengajak anak sehat tanpa keluar biaya extra di akhir pekan plus bulan tua pula, hampir bisa dibilang tantangan besar.

"Ah ... saya sih senengnya cuci mata jalan-jalan aja ke mal. 'Kan sehat setidaknya kalau langkahnya diukur sama aja mengitari stadion berapa putaran." Celoteh salah satu sahabat.

Mmm ... Yakin gak bakalan keluar duit sama sekali, minimal beli cemilan buat anak-anak? Kalau saya sih gak yakin, Mak. Niatan shopping window bersama keluarga gak bakalan bisa pure cuci mata doang.  Kebanyakan berujung hati tergoda untuk icip-icip jajanan pengoyang lidah bahkan tak jarang belanja sesuatu di luar kebutuhan.

Well, secara pengalaman pribadi ... ternyata banyak kok aktivitas olah tubuh yang ayah-bunda …

Islam Agama yang Benar dan Sempurna

Image
Source : fe-fa.facebook.com
Belakangan, beberapa stigma keliru sengaja diembuskan untuk mendangkalkan akidah generasi.  Tak main-main, para pembenci islam menyusup hampir ke seluruh aspek kehidupan.  Walhasil, tanpa disadari lambat laun muslim sendiri yang merusak agamanya dari dalam.
Lihatlah seorang petinggi negeri sekaliber menteri bahkan menyerukan, "Di Masjid dan ceramah-ceramah, jangan mengatakan islam adalah agama yang PALING BENAR." (secara redaksional memang salah- yang tepat: islam agama yang BENAR--jika islam paling benar maka berarti ada agama lain yang juga benar), alih-alih khawatir menyakiti penganut agama lain --konyol.  Dakwah di muka jemaah dan masjid sendiri kok dibatasi.

Lalu melalui film dan banyak tulisan mulai disisipkan pesan bahwa semua agama sama dan mengajarkan kebaikan.  Bisa jadi ini agenda kaum kafir dan para pengusung pemikiran liberal dalam dalih pluralisme.  Mengajarkan nilai luhur MUNGKIN IYA, tetapi semua agama sama? Pastinya pendapat keli…