Posts

Showing posts from July, 2019

Dengan Parasol, Selamat Tinggal Kulit Gosong Pasca Berenang

Image
Dulu, saat SMP ketika mulai mengikuti ekskul berenang, saya sih gak pernah ambil pusing dengan masalah kulit terbakar.  Sebab mikirnya gini, toh ... beberapa hari atau hitungan minggu kulit akan kembali cerah dengan sendirinya.
Namun, setelah mulai paham bahaya radiasi sinar UV ... plus mulai masuk tahap abege yang fitrah sexualnya mulai nampak, ehm! Maksudnya mulai melirik lawan jenis.  Maka mulai deh ... mencoba menjaga kesehatan kulit tanpa harus meninggalkan hobi nyemplung.
Sampai punya anak dua, kebetulan mengharuskan diri menjadi pelatih pribadi mereka, mau gak mau sebagai emak saya nggak boleh egois.  Pernah suatu saat tabir surya kelupaan dibawa ketika liburan, padahal aktivitas main di air bisa dua kali dalam seminggu ... Hasilnya, saat masuk sekolah banyak yang komen, "anak-anak kok tambah geseng, ya?" Seketika diri merasa bersalah, seperti emak-emak yang tidak mengurus baik putra-putrinya.
Gosong doang mungkin nggak begitu masalah, tapi yang saya khawatirkan bela…

Praktek Membuat Martabak Sosis, Jajanan Kesukaan Para Bocah

Image
Senin sore lalu, bersama 4 krucil (yang 2 keponakan) kami berburu jajanan di pasar jangkrik. Hampir semuanya pernah  dicoba, tapi sore itu ada jajanan yang baru kami lihat, martabak sosis. Ngantrinya lumayan lama karena peminatnya cukup banyak. Sepintas sih kayak martabak telur mini biasa, hanya saja bentuknya setengah lingkaran karena menggunakan kulit lumpia.

Apa istimewanya?  kok anak-anak bela-belain nunggu bahkan lahap sekali saat memakannya? *Kalau saya tanya mereka, jawabannya sih renyahnya itu yang bikin nangih, sedangkan rasa isiannya ... Yummy! Beli dua per orang sepertinya masih kurang, meski harga yang dibandrol bikin mata terbelalak, cuma 2000 perak! Murmer banget, kan?

Oke sebagai emak yang kepo akut sebab dua anak saya kurang begitu suka jajal-jajal menu baru, dengan seksama saya perhatikan sang abang ketika melayani pembeli.  Aiiish ... ini sih gimpil, semua emak juga bisa... Soalnya sering buat martabak mini begini yang isinya cuma telur dan rajangan daun bawang dibe…

Pengetahuan Dasar Memilih Kanvas dan Cat Sebagai Media Melukis

Image
Dalam seni rupa modern sebenarnya banyak media yang bisa digunakan sebagai dasar melukis, tak melulu menggunakan kanvas.Para seniman bisa menuangkan ide di tembok, kaca, plastik, kain bahkan kertas sekalipun.Sama halnya dengan pemilihan cat.Tak selalu identik dengan cat yang umumnya di jual di pasaran.Beberapa pelukis di dunia terus melakukan terobosan menemukan inovasi cat yang berbahan dasar alami dengan memanfaatkan tumbuhan di sekitar untuk mendapatkan warna natural, semisal kopi, kunyit, dan bunga-bungaan.
Memahami betul media dan bahan yang akan digunakan dalam melukis termasuk hal yang cukup krusial, sebab memahami media berarti juga memahami proses apa saja yang akan ditempuh dalam menghasilkan sebuah karya.Bisa jadi apabila salah memilih, lukisan yang dihasilkan rentan rusak, tak tahan lama, bahkan mudah berjamur.Setiap pelukis meski pemula sekalipun, tentu saja ingin menghasilkan karya yang bisa dinikmati dalam jangka panjang, bukan?Pemilihan kanvas dan cat yang sesuai akan…

Sekilas Cerita Seputar Jurnalisme Radio

Image
Sebelum menjelaskan panjang lebar mengenai jurnalisme radio, izinkan saya flash back sebentar.

Actually, hanya sekitar 5 tahunan saya bersentuhan di dunia radio yakni pada kurun waktu 2002-2007. Tak begitu lama memang ... namun momen itu sangat membekas di hati.  Jelas saja, karena nggak hanya pengalaman dan ilmu yang saya raih ketika bergabung di sana, tetapi juga pergeseran kepribadian dari yang tadinya introvert- lebih senang menyendiri-menjadi pribadi yang enjoy ketika harus duduk dan membaur dengan orang banyak.  Ini saya sadari belakangan.

Jurnalistik melalui radio pada prinsipnya adalah upaya penyebarluasan informasi yang aktual dengan cara bercerita atau bertutur.


Dulu, ketika di awal terjun ke lapangan memburu berita, sempat merasa sedikit minder dengan para awak senior terlebih yang berasal dari media televisi.  Mereka yang datang dengan fasilitas mobil berAC dengan gagahnya menenteng mike berdampingan dengan juru kamera berperalatan canggih. Sementara saya? datang dengan m…

Ngintip Oleh-oleh Khas Lampung, Yuuk!

Image
Jangan bilang pernah liburan ke Lampung kalau kalian belum bawa sejumlah oleh-oleh khas kota "Tapis berseri".

Beneran, gak sah kalo kata kami sih ... Apabila traveler nggak belanja buah tangan semacam keripik aneka rasa, sambal Lampung, kopi robusta sampai kemplang dengan sambal asam khas ulun lappung.  Semua itu memang produk khas kota kami yang sudah terkenal dari zaman khow (baca : sejak lama).

Padang, atau sejumlah daerah di Jawa boleh saja terkenal juga dengan produk keripiknya. Tapi, produk olahan pisang atau singkong khas Lampung itu beda man.  Khusus untuk keripik pisang yang lebih diandalkan sebagai cemilan khas, memiliki keunggulan dari segi cita rasanya dengan varian rasa yang beragam.  Mulai dari original, keju, pedas/balado, manis, cokelat, susu, vanila, coffee, strawberi bahkan durian.

Kening kamu awalnya mungkin bakalan berkerut, apa enaknya pisang dicombine dengan sejumlah rasa yang tak biasa itu? Eiiit cicip dulu ... dijamin setelah coba satu-persatu kamu …

Family Karaoke For Bonding, Why Not?!

Image
Apakah kamu atau anak-anak suka bernyanyi? Atau kerap melakukannya meski hanya di rumah atau di kamar? Horaaay! ... mungkin kita sama, sama-sama penyanyi sekelas rumahan maksudnya, Hehe...  Bukan penyanyi kamar mandi lho ya ... karena dalam islam bersenandung di kamar mandi itu gak sesuai sunnah.  Bukan juga penyanyi kondangan, karena kalo dipanggil ke atas panggung saya sih gak bakalan PeDe... Ehm!
Back to topic, tau gak sih? ternyata bernyanyi itu manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh.  Menurut sebuah portal kesehatan ternama halodokter.com, aktivitas tarik suara sangat bermanfaat untuk:
1.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
2. Mencegah Penuaan Dini
3. Melatih Otot Perut
4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
5. Meningkatkan Kinerja Otak
6. Memperlancar Pencernaan
7.  Menjaga Kinerja Sistem Pernapasan
8.  Merawat Paru-Paru
9.  Mengoptimalkan Fungsi Jantung
10. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
11. Memperbaiki Postur Tubuh
12. Terapi Penyakit Parkinson

Wow, meski gak saya bahas sa…

Mengapung Itu Sehat!

Image
Sepintas memang terlihat mudah, tapi untuk melakukannya butuh latihan.  Bagi mereka yang hobi berenang, mengambang/mengapung merupakan teknik awal yang harus dikuasai dengan benar.

Kenapa banyak orang kesulitan dalam tahap awal berlatih berenang?  Salah satu penyebabnya adalah khawatir tenggelam.

Padahal secara logika ilmiah, massa air yang banyak akan menekan ke atas setiap benda yang bermassa jenis lebih ringan. Example;  lihatlah kapal yang beratnya berton-ton di samudera mereka mengapung sempurna di atas permukaan laut.

Yang perlu diingat, kunci utama keberhasilan mengambang adalah tubuh relaks.  Jika sedikit saya rasa panik tersisa, tangan dan kaki secara otomatis bergerak tak beraturan. Ini lah yang menyebabkan banyak orang yang fobia air tenggelam dengan mudah akibat kehabisan tenaga.

Pernah lihat film-film ber-scene pemain yang tenggelam 'kan? Kurang lebih seperti itu aplikasinya.  Lalu, kenapa saat meninggal jenazahnya mengapung? Ya, tekanan air yang menyebabkannya ...…