Senin, 08 Juli 2019

Family Karaoke For Bonding, Why Not?!

Mendadak romantis ....
Apakah kamu atau anak-anak suka bernyanyi? Atau kerap melakukannya meski hanya di rumah atau di kamar? Horaaay! ... mungkin kita sama, sama-sama penyanyi sekelas rumahan maksudnya, Hehe...  Bukan penyanyi kamar mandi lho ya ... karena dalam islam bersenandung di kamar mandi itu gak sesuai sunnah.  Bukan juga penyanyi kondangan, karena kalo dipanggil ke atas panggung saya sih gak bakalan PeDe... Ehm!

Back to topic, tau gak sih? ternyata bernyanyi itu manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh.  Menurut sebuah portal kesehatan ternama halodokter.com, aktivitas tarik suara sangat bermanfaat untuk:
1.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
2. Mencegah Penuaan Dini
3. Melatih Otot Perut
4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
5. Meningkatkan Kinerja Otak
6. Memperlancar Pencernaan
7.  Menjaga Kinerja Sistem Pernapasan
8.  Merawat Paru-Paru
9.  Mengoptimalkan Fungsi Jantung
10. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
11. Memperbaiki Postur Tubuh
12. Terapi Penyakit Parkinson

Wow, meski gak saya bahas satu-persatu secara mendetil ... sepertinya semua orang bisa membayangkan betapa bagusnya manfaat bernyanyi untuk tubuh kita. *buka aja linknya ya!

Bagi saya pribadi, bernyanyi itu salah satu metode mendekatkan hati atau bonding dengan anak-anak.  Dulu, ketika anak-anak balita, belajar mengenal huruf, berhitung sering kami lakukan bersama sambil bernyanyi.  Hasilnya, gak cuma belajar menjadi mudah dan menyenangkan tapi sekaligus menghangatkan perasaan satu sama lain.

Tetapi gak saya pungkiri, memang belakangan kegiatan bernyanyi di rumah sedikit dikurangi sebab alasan pandangan fiqih yang masih terpecah perihal musik.  Jujur, saya belum bisa mengikuti mahzab yang total mengharamkan, apalagi latar belakang saya yang mantan penyiar radio yang menyukai hampir setiap jenis musik mulai pop, rock, jazz sampai R&B.

Jadi, setidaknya sebagai jalan tengah, kumandang musiknya saja yang agak dikurangi,  tetapi bernyanyinya belum bisa hilang sepenuhnya.  Sebab, godaan bersenandung terlebih bila ditemani backing vokal yang imut sekaligus pengganggu yang lucu (baca:anak-anak) itu beraaat ....

Thats why, kegiatan karaoke sebenarnya juga bukan sesuatu yang baru buat saya dan keluarga. (Akan tetapi gak juga termasuk rutinitas berkala atau masuk sebagai agenda wajib untuk mengisi quality time).

Fyi. Paket karaoke family relatif murah tergantung fasilitas dan tempat yang menyediakan.  Sepanjang yang saya tahu,  beberapa karaoke lounge membanderol tarif 30an ribu per jam tanpa cemilan, atau paket 200- 300an ribu per dua jam lengkap dengan makanan dan minuman ringan yang memanjakan perut pelanggan.

Hampir semua tempat karaoke menyediakan welcome drink minimal air mineral agar pengunjung betah tarik suara.  Apabila perut lapar tetapi sejak awal memilih layanan perjam tanpa cemilan, pengunjung tetap bisa memesan makanan yang pembayarannya akan ditotal di akhir.

Oya, umumnya tempat-tempat karaoke juga memiliki sejumlah aturan yang harus dipatuhi, di antaranya tidak boleh membawa makanan dari luar, membuat keributan dan merusak fasilitas ruangan.

Emak bapaknya bernyanyi anak-anak isi perut

Kalau ayahnya anak-anak sih berpendapat, sesekali boleh lah nyanyi bareng ... hanya alternatif untuk seru-seruan saja, itung-itung hiburan pelepas penat.

Dua jam terkurung di ruangan super berisik itu bagi saya sih yang paling terasa selepasnya adalah kedekatan hati, terutama terhadap ayahnya yang gak selalu stay bersama kami.  Ini yang ingin saya bangun dengan mereka-dari sekian banyak alternatif kegiatan lain tentunya.  Rasa nyaman pada posisi orangtua yang tak sekedar menjaga dan mendidik mereka dalam pengetahuan tauhid semata, namun juga bertindak sebagai figur yang membuat mereka merasa dekat, seakrab kawan karib.

Gak usah terlalu dibawa serius ibarat latihan untuk konser atau mengeluarkan kemampuan olah vokal secara paripurna, nyanyi bareng keluarga bagi saya just for fun. Tertawa bersama dalam kekonyolan, saling mengganggu dan mengacaukan performance itu momen berharga dan tak terlupakan.
Adin in action, alone; alan walker -lagu andelan
Jangan kuatir nggak bisa mandiri menjalankan komputer dalam memilih lagu untuk bernyanyi, akan ada petugas yang memberi pengarahan sebelum kalian mulai seru-seruan.

Oya, note 4 you yang pengen menjajal nyanyi bareng anak-anak, pilih tempat yang menyediakan fasilitas family karaoke ... kalau perlu catat lagu apa aja yang mau dipilih dan diputar sebelum berangkat, terutama yang aman buat putra-putri.  Beware juga dengan beberapa klip lagu yang kadang gak friendly untuk mata anak-anak. Biasanya video klip lagu berbahasa asing.

Tertarik coba? Cuuuuzzz yuuk ....!


Lokasi :  Grand Karaoke Bandar Lampung.  Jl.  Majapahit, Enggal
Buka tiap hari pukul 11.00 pagi - malam

Ciyuus bener 2 bocah ini






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sihir si Anak Lebah berlanjut di Lovely Glacie

Sedetikpun rasanya enggan meletakkan novel Lovely Glacie yang baru diterima magrib 13 Nopember lalu.  Banyak hal yang membuat sayang berh...

Terpopuler