Selasa, 09 Juli 2019

Ngintip Oleh-oleh Khas Lampung, Yuuk!

Info kuliner
Hamdi @toko oleh-oleh lampung


Jangan bilang pernah liburan ke Lampung kalau kalian belum bawa sejumlah oleh-oleh khas kota "Tapis berseri".

Beneran, gak sah kalo kata kami sih ... Apabila traveler nggak belanja buah tangan semacam keripik aneka rasa, sambal Lampung, kopi robusta sampai kemplang dengan sambal asam khas ulun lappung.  Semua itu memang produk khas kota kami yang sudah terkenal dari zaman khow (baca : sejak lama).

Padang, atau sejumlah daerah di Jawa boleh saja terkenal juga dengan produk keripiknya. Tapi, produk olahan pisang atau singkong khas Lampung itu beda man.  Khusus untuk keripik pisang yang lebih diandalkan sebagai cemilan khas, memiliki keunggulan dari segi cita rasanya dengan varian rasa yang beragam.  Mulai dari original, keju, pedas/balado, manis, cokelat, susu, vanila, coffee, strawberi bahkan durian.

Kening kamu awalnya mungkin bakalan berkerut, apa enaknya pisang dicombine dengan sejumlah rasa yang tak biasa itu? Eiiit cicip dulu ... dijamin setelah coba satu-persatu kamu bakalan ketagihan. Just for info, favorit keluarga kami sie, keripik pisang rasa coklat, balado, susu, dan keju.
Keripik pisang aneka rasa ...
Selain keripik, Lampung juga punya kopi yang terkenal hingga mancanegara loh.  Umumnya kopi Lampung berjenis robusta dengan tekstur bubuk yang lebih halus dan bercita rasa sedikit pahit cenderung asam tapi beraroma wangi serupa harumnya cokelat.  Para pecinta kopi mesti faham betul taste khas kopi Lampung berikut perbedaannya dari kopi berjenis arabika atau robusta asal daerah lain.

Hamdi di rak kopi ...
Oya, tahu nggak? kalo kopi Lampung juga termasuk dalam jajaran kopi terbaik di dunia dengan potensi pasar dan pendapatan yang cukup besar bagi negara?  Makanya, nggak heran  pemerintah daerah serius mengembangkan komoditas ini khususnya pengolahan biji kopi terbaik untuk tujuan ekspor. Bahkan, kabarnya lahan kebun kopi Lampung yang terpusat di Kabupaten Lampung Barat mencapai 50an ribu hektar. Wooow luas banget ya...!

Keripik sudah ... kopi juga sudah masuk di daftar wajib oleh-oleh, trus ... apa lagi yang bisa ditenteng sebagai buah tangan khas Lampung? Sambal dan kemplang! Yup... Dua produk ini juga bisa masuk list belanjaan kamu.

Kemplang itu semacam kerupuk yang dimakan dengan cocolan sambal pedas dan asam (biasanya sudah include dalam kemasan kemplang itu sendiri).  Sementara sambal Lampung biasanya diproduksi dalam kemasan botol atau kaleng dengan isi atau ukuran beragam. Sangat rekomen sebagai teman menyantap nasi dan lauk pauk.

Banyak toko oleh-oleh bertebaran menyediakan semua ini di pusat kota Bandar Lampung.  Diantaranya sentra oleh-oleh di Jalan Pagar Alam atau lebih dikenal dengan "gang PU" atau jajaran toko-toko di pusat oleh-oleh di seputaran Teluk Betung.  Pada dasarnya sih semua sama, sama-sama menyediakan oleh-oleh khas Lampung dengan harga yang cukup bersaing.

Gerbang tanda masuk kawasan sentra kripik ... sumber: google

Ssst ...Kalo foto-foto di atas itu saya dan anak-anak tengah belanja kopi dan keripik di sentra oleh-oleh gang PU tepatnya di toko keripik Shinta. www.keripikshinta.com

Memangnya beli oleh-oleh buat siapa? Mmm... Buat Pak Suami yang mau balik ke Jakarta hehehe....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sihir si Anak Lebah berlanjut di Lovely Glacie

Sedetikpun rasanya enggan meletakkan novel Lovely Glacie yang baru diterima magrib 13 Nopember lalu.  Banyak hal yang membuat sayang berh...

Terpopuler