Posts

Showing posts from October, 2019

Citra Laguna, Kolam Renang Favorit Keluarga

Image
Weekend ini berenang ke mana mak?
Wah ... Ini sih sebetulnya pertanyaan yang akhir-akhir ini kerap saya terima.  Hehehe ... Mungkin karena mulai banyak teman yang tahu salah satu hobi saya yang belakangan mulai saya giatkan lagi. 
Alasannya karena ternyata olahraga ini sangat direkomendasikan oleh dokter sebab memiliki banyak manfaat. Diantaranya melatih pernapasan (otot kardiovaskuker), mengurasi resiko cedera urat syaraf (syaraf kejepit).
Baca : berenang-hobi-kami-yang-menyehatkan
Kebetulan karena anak-anak juga suka main air dan mulai serius belajar olahraga ini, maka intensitas dan kesempatan nyemplung bareng makin terbuka lebar.
Ada banyak kolam umum sebenarnya di seputaran Bandar Lampung, namun setelah kerap berkeliling dan ganti-ganti suasana ... kami jatuh hati pada kolam yang satu ini.  Citra Laguna.
Letaknya sangat dekat dengan rumah yakni gak sampai 2km tepatnya di dalam perumahan Villa Citra Jl. P. Antasari.  Asyiknya berenang di sini tuh gak begitu ramai pengunjung.  But i…

Bukit Mas Swimming Pool, Sensasi Berenang Ala Kolam Privat

Image
Minggu pagi, mumpung ayahnya anak-anak sedang liburan saya bertanya pada duo krucil kesayangan.  Hari ini mau ke mana dan ngapain? Sudah menjadi kebiasaan kami tatkala personil lengkap menghabiskan hari alih-alih quality time, mengganti waktu kebersamaan yang banyak hilang sebab rumah tangga LDR -- Saya dan anak-anak stay di Bandar Lampung, ayahnya sehari-hari bekerja di Jakarta--.

"Berenang!" Seru mereka dengan riangnya.

"Ok". Sayapun mengabulkan.  Sayangnya ada embel-embel di belakang, "tapi jangan di tempat biasa ya, Nda, boseen," timpal di sulung lagi.  Duh! Emak jadi puter otak, di mana lagi ya kira-kira kolam renang yang asyik di Bandar Lampung?



Sementara di satu sisi kebutuhan saya akan olah tubuh juga harus terpenuhi. Apalagi pasca biopsi kecil bulan lalu praktis belum pernah lagi menyentuh air kolam.  Untungnya, anak-anak sudah teredukasi kalau bundanya juga butuh kolam yang tidak terlampau ramai dan bercampur baur antara lelaki dan perempuan da…

Saya dan Seni dalam Islam

Image
"Ga, bisa gak buat sketsa wajah gua? mau sih dibikinin sketsa hitam putih." Pinta seorang sahabat suatu hari.

"Buatin versi lukisan dari fotoku sih, Ga. Pengen banget punya lukisan foto wajah di rumah." Request teman yang berbeda.

Dan kesemuanya akhirnya saya tolak. Alasannya ... pertama takut kecewa karena memang kemampuan saya sangat terbatas.  Keahlian jari menggoreskan kuas atau pensil gak seluwes mereka yang memang sudah berprofesi di bidang ini. Saya mah cuma hobi yang kebisaannya alakadarnya.  Mungkin hasilnya gak bakalan bisa sama persis dengan model.  Boro-boro bakal menyenangkan, yang ada mungkin malah jadi tertawaan.

Kedua, honestly, saya memutuskan sebisa mungkin tidak menggambar object hidup. Buat saya dulu yang belum paham adanya larangan melukis gambar bernyawa dalam islam, permintaan itu mungkin semacam tantangan.  Dalam hal ide melukis, dulu sih semuanya dicoba namanya masih terus mengeksplore kemampuan diri, itung-itung mengasah skill.  Karena su…

Bikin Riccota Cheese Sendiri, Yuuuk!

Image
Anak-anak mana yang nggak kenal keju? Baik sebagai toping minuman, variasi rasa cemilan kue basah, bahkan campuran roti.Hampir semuanya suka, tak terkecuali kedua anak saya.

Awal bulan Oktober si sulung bertanya, “weekend aku ‘kan ulang tahun lho, Nda.  Apa gak ada acara spesial ya? main ke mana gitu, jalan-jalan maksudnya ....”. Anak tertua saya memang kebetulan akan berulang tahun ke-10 di hari Sabtu, 5 Oktober 2019 lalu.  Sudah beberapa tahun terakhir selepas anak-anak masuk SD saya memang tidak melanjutkan tradisi merayakan ulang tahun mereka, apalagi mengundang teman dengan tiup lilin atau pesta kecil.  Sebagai gantinya kami memilih quality time dengan jalan-jalan atau melakukan aktivitas bersama di luar.
Tiba-tiba saya teringat ada undangan dari Hometown untuk anggota Tapis Blogger di Mal Bumi Kedaton pukul 15.00-17.00 diacara “Yuk Bikin Keju”.  Acara itu ditujukan untuk para ibu melibatkan anak-anak usia 5-10 tahun untuk praktek langsung membuat keju sendiri.  Keruan saja bertany…

Mencicipi Kreasi Masakan Bakso Bonanza Ala Chef Gaby

Image
Sejak kecil aku penggemar berat bakso.  Tiapkali mampir ke warung bakso yang biasanya selalu menyediakan menu mie ayam juga, maka pilihanku selalu cenderung menyantap bakso kuah.  Mungkin, karena Lampung adalah salah satu kota syurganya pencinta bakso. Hampir setiap sudut kota menyediakan jajanan ini.  Bahkan ketika pergi ke pasar, mudah sekali ditemui toko maupun lapak olahan daging berupa bakso kemasan yang siap diolah sesuai selera.  

Bicara soal bakso, jujur, aku tuh emak-emak yang gak telaten dalam hal memasak.  Maklum, sehari-hari tanpa ART mengurus dua anak ditambah jadi babby sitternya bapak emak yang sudah sepuh di rumah, menuntut aku untuk  memasak menu yang praktis dan cepat.

Berawal dari info di komunitas tapisblogger kalau Jumat, 4 Oktober 2019 di Mal Boemi Kedaton akan diselenggarakan Demo Memasak Kreasi Bakso yang disponsori oleh Bonanza-beef.  Tentu saja aku antusias mengikutinya, sebab pengen banget nambah referensi cara memasak bakso untuk keluarga di rumah.  Kebetul…

Lelaki Mungilku "Ilhamdi", Catatan Pengalaman Melahirkan Normal

Image
Dini hari Senin, 5 Oktober 2009 saat itu usia kandungan tepat 9 bulan 8 hari. Dengan tangan gemetar saya melihat bercak darah di celana yang saya pakai ketika merasakan hendak buang air kecil di kamar mandi.  Awalnya, tak yakin apakah memang ini saatnya bayi yang saya kandung akan lahir?  Karena menurut perkiraan  9 bulan 10 hari seharusnya 2 hari lagi yakni jatuh di tanggal 7 Oktober.

Perlahan saya keluar menuju kamar membangunkan suami, dan memintanya mengantar ke klinik terdekat.  Ia pun menyambar tas pakaian yang memang sudah sejak seminggu ini dipersiapkan sebagai perlengkapan bersalin.

Hari masih gelap. Tapi fajar sebentar lagi kan menyingsing.

Tak sampai 10 menit perjalanan, kami tiba di klinik dan langsung ditangani bidan senior yang sudah berpengalaman puluhan tahun.  Klinik lumayan bersih nan asri milik Bidan Soekamto yang beralamat di Jalan Masjid Al Jadid, Pasar Rebo, Cijantung, Jakarta Timur.  Saat itu katanya saya sudah pembukaan tiga.

Mentari mulai muncul malu-malu, ad…

Alasan STOP dari Dropshipper

Image
Selama stay di Batam, ada satu pengalaman tak terlupakan yang cukup memberi warna dalam kehidupan saya,  yakni belajar berdagang. Hampir 4 tahun saya menggeluti terjun bisnis online dengan label toko "HafeeraOS" yang menjual produk tas batam dan pernak perniknya sebagai reseller tetap.  Sempat mengalami fase super lancar hingga menembus omset puluhan juta perbulan, sebab mampu menjual 50-100 pc tas per bulan, belum pernak pernik yang lain seperti sepatu, tali pinggang dan jam tangan.

Sayangnya, sejak 2017 memutuskan move ke Lampung, pelan-pelan akhirnya bisnis ini mulai goyang hingga akhirnya berhenti total.

"Jadi, sudah bener-bener gak jualan tas lagi nie mbak?" Tanya salah seorang reseller tetap saya.  Sorry to say, akhirnya dengan berat hati saya pamit dari WAG jualan yang saya rintis selama ini.  Satu dua langganan pun di japri dan tak segan saya beri no kontak supplier Batam, karena mereka tetap ingin melanjutkan bisnis meski saya sudah mengemukakan alasan berhe…

Pindang Patin, Menu Andalan Keluarga

Image
Pindang patin selama ini memang dikenal sebagai salah satu masakan khas dari daerah Sumatera Selatan. Tetapi sebagai putra asli daerah Lampung, bukan berarti sama sekali tak pernah kenal bahkan mencicipi masakan ini.  Pindang patin bisa dibilang sangat akrab dengan kehidupan warga Lampung. Apalagi rumah makan yang menyediakan menu ini begitu mudah ditemui hingga ke sudut-sudut kota.

Mungkin sebab keterikatan sejarah, di mana Sumatera Selatan dan Lampung itu dulunya satu keresidenan. Kemudian Lampung memisahkan diri di tahun 1964 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3/1964 yang kemudian menjadi Undang-undang Nomor 14 tahun 1964 sebagai propinsi baru. Itulah sebabnya masakan dari olahan ikan seperti kemplang, pempek, termasuk pindang juga dikenal baik bahkan cukup digemari masyarakat Lampung.

Di rumah, pindang patin sudah menjadi menu keseharian kakek nenek alias orangtua saya.  Duo krucil juga ketularan suka, meski ayahnya yang asli jawa sampai sekarang masih enggan mencoba.  Katany…