Kamis, 10 Oktober 2019

Mencicipi Kreasi Masakan Bakso Bonanza Ala Chef Gaby


Sejak kecil aku penggemar berat bakso.  Tiapkali mampir ke warung bakso yang biasanya selalu menyediakan menu mie ayam juga, maka pilihanku selalu cenderung menyantap bakso kuah.  Mungkin, karena Lampung adalah salah satu kota syurganya pencinta bakso. Hampir setiap sudut kota menyediakan jajanan ini.  Bahkan ketika pergi ke pasar, mudah sekali ditemui toko maupun lapak olahan daging berupa bakso kemasan yang siap diolah sesuai selera.  

Bicara soal bakso, jujur, aku tuh emak-emak yang gak telaten dalam hal memasak.  Maklum, sehari-hari tanpa ART mengurus dua anak ditambah jadi babby sitternya bapak emak yang sudah sepuh di rumah, menuntut aku untuk  memasak menu yang praktis dan cepat.

Berawal dari info di komunitas tapisblogger kalau Jumat, 4 Oktober 2019 di Mal Boemi Kedaton akan diselenggarakan Demo Memasak Kreasi Bakso yang disponsori oleh Bonanza-beef.  Tentu saja aku antusias mengikutinya, sebab pengen banget nambah referensi cara memasak bakso untuk keluarga di rumah.  Kebetulan jamnya juga pas, yakni pukul 13.00-15.00 WIB, sedangkan anak-anak pulang sekolah pukul 16.00.  Pucuk dicinta ulam pun tiba ini sih namanya!


Mejeng with komunitas Tapis Blogger 
Selepas  shalat jumat, tepat pukul satu siang aku sudah masuk di parkiran motor mal MBK.  Sengaja menggunakan motor, supaya bisa lewat jalan tikus jalur Way Halim arah pintu masuk bagian belakang, sebab biasanya jalanan sekitar mal ini kerap macet terutama di akhir pekan.  Tiba di lantai satu tepatnya di panggung Playland yang kerap menggelar event mal, aku masuk ke kawasan Baby&Kids Expo. Di sana sudah menunggu beberapa SPG dan penyelenggara acara yang menyambut ramah para peserta dan pengunjung yang hendak menyaksikan demo masak oleh Chef Gaby Dharmadji.

Chef Gaby sedang memperagakan menu bakso bakar
Oya kalian sudah tahu belum bakso Bonanza?  Itu loh produk bakso kemasan yang diolah dari 84% daging sapi murni, tanpa campuran daging lain, tanpa penyedap, juga tanpa pengawet.  Jadi, 100% alami dan menyehatkan. Itulah sebabnya bakso Bonanza harus tersimpan di dalam freezer agar selalu dalam keadaan baik. Oya, sebagai orang Lampung aku jadi ikutan bangga lho ... karena ternyata peternakan sapi untuk Bakso Bonanza ada di Kabupaten Terbanggi Besar, Lampung Tengah. Pabriknya menggunakan sistem Good Farming Practice yang menjamin kesejahteraan hewan, keamanan pangan, dan proses pemotongan hewan diawasi dan dipastikan halal karena sesuai dengan syariat islam.  

Tanpa harus menunggu lama, MC membuka acara dan Chef Gaby pun mulai beraksi.  Supaya bisa dipraktekkan di rumah, aku sengaja mencatat agar bisa dibagikan untuk teman-teman semua 3 resep kreasi bakso ala Chef Gaby.

    Bakso Kuah

Bahan-bahan yang diperlukan : 500g Iga Sapi, 2 sendok Minyak goreng, 200-300L air, daun bawang (ambil bagian putihnya saja), 6-8 siung bawang merah dan bawang putih, bubuk kemiri secukupnya.  Garam secukupnya, dan bakso bonanza.

Cara membuatnya : tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, lalu masukkan air tunggu hingga mendidih. Masukkan iga dan bakso bonaza. Tambahkan kemiri bubuk.  Jika iga sudah matang dan bakso sudah mengambang, tambahkan daun bawang, terakhir garam.  Bakso kuah siap disantap dan paling enak di sajikan dalam keadaan hangat.
Mmm ... baksonya menggugah rasa 😘😘

Tips ala chef Gaby :  Gunakan daun bawang bagian putihnya saja, agar kaldu bakso tidak keruh.  Membuat kuah bakso sebaiknya menggunakan bumbu alami, sebab caranya memang sangat mudah.  Selain itu garam sebaiknya dimasukkan terakhir, karena proses perebusan kaldu membuah kuah menyusut.  Jika garam dimasukkan di awal pemasakan dikhawatirkan  rasa kuah cenderung asin. 

   Bakso Goreng Tepung

Bahan-Bahan yang diperlukan : 1 bungkus Bakso, ½ cup Tepung terigu, Tepung jangung, tepung tapioka, 1-2 butir telur, gula, garam, merica, dan Minyak secukupnya.

Cara membuat :  Siapkan wadah untuk mencampurkan ketiga jenis tepung tadi, lalu tambahkan gula, garam dan merica secukupnya.  Pecahkan telur  lalu di kocok dalam wadah yang berbeda. Masukkan bakso bonanza sat persatu ke dalam kocokan telur menggunakan sendok, lalu pindahkan untuk dilumuri dengan tepung.  Setelah tepung rata menyelimuti bakso, goreng hingga kecoklatan.
Bakso goreng ready to eat, yeeaay!
 Bakso Bakar Lilit Keju Mozarella

Bahan yang diperlukanlidi/tusuk sate, 1 pak bakso, keju mozarella, saus teriyaki atau saus Bulgogi (bisa diganti saus lain sesuai selera).

Cara membuat :  Siapkan bakso  yang disusun dalam satu buah lidi/tusuk sate per 3pc. Lalu dibakar di atas api kecil sambil dioleskan saus teriyaki/bulgogi satu per satu secara merata menggunakan kuas khusus. Setelah bakso sate matang, susun di atas piring. Sementara itu kita siapkan keju mozarela yang sudah ditempatkan di wadah tahan panas.  Cairkan keju di atas api, lalu lilitkan satu per satu bakso yang sudah dibakar tadi menggunakan jepitan. 

Taraaa ... bakso bakar lilit keju siap disantap bersama keluarga.

Belum dililit keju aja sudah menggoda!
Penampakan akhir setelah dililit keju ... yummy!
Gampang banget ‘kan resepnya? 

Cuzz ah ... langsung dipraktekkan di rumah.   Apalagi saat pulang sempat membeli 2L susu Hometown yang notabenenya masih satu pabrik dengan bonanza-beef, makanya dibonusi 180g bakso Bonanza. Eh, makin girang lagi karena dikasih oleh-oleh goodie bag isi 2 pak lagi sebagai peserta!  

Oya, Bakso Bonanza tersedia dalam berbagai kemasan seperti 180g (isi sekitar 13 butir bakso), 250g dan 500g (atau isi sekitar 33 butir bakso).  Kemasan 500g harganya dibanderol sekitar 75K rupiah.  Murah kok, sebanding dengan kualitas bakso premiumnya yang hygienis, empuk dan kenyal dagingnya, serta terjamin rasanya.  Oya di Lampung, Bonanza beef dijual di gerai Bonanza beef di Chandra supermarket MBK maupun Mal Chandra Tanjung Karang.


Foto bareng chef biar ketuleran jago masak
Informasi lebih lanjut  bisa cek dan ricek di sini:
www.Bonanza-beef.co.id
IG @bonanzabeef.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sihir si Anak Lebah berlanjut di Lovely Glacie

Sedetikpun rasanya enggan meletakkan novel Lovely Glacie yang baru diterima magrib 13 Nopember lalu.  Banyak hal yang membuat sayang berh...

Terpopuler