Rabu, 24 Juli 2019

Praktek Membuat Martabak Sosis, Jajanan Kesukaan Para Bocah


Senin sore lalu, bersama 4 krucil (yang 2 keponakan) kami berburu jajanan di pasar jangkrik. Hampir semuanya pernah  dicoba, tapi sore itu ada jajanan yang baru kami lihat, martabak sosis. Ngantrinya lumayan lama karena peminatnya cukup banyak. Sepintas sih kayak martabak telur mini biasa, hanya saja bentuknya setengah lingkaran karena menggunakan kulit lumpia.

Apa istimewanya?  kok anak-anak bela-belain nunggu bahkan lahap sekali saat memakannya? *Kalau saya tanya mereka, jawabannya sih renyahnya itu yang bikin nangih, sedangkan rasa isiannya ... Yummy! Beli dua per orang sepertinya masih kurang, meski harga yang dibandrol bikin mata terbelalak, cuma 2000 perak! Murmer banget, kan?

Oke sebagai emak yang kepo akut sebab dua anak saya kurang begitu suka jajal-jajal menu baru, dengan seksama saya perhatikan sang abang ketika melayani pembeli.  Aiiish ... ini sih gimpil, semua emak juga bisa... Soalnya sering buat martabak mini begini yang isinya cuma telur dan rajangan daun bawang dibentuk segi empat.  Bedanya kalau martabak mini umum dieksekusi dengan cara dicemplung alias digoreng dalam minyak yang banyak.  Kalau ini cukup dengan menggunakan minyak seadanya.  Jadi lebih hemat.

Paginya, mulai deh saya berburu bahan di pasar ... Trus, praktek masak sore setelah anak-anak dijemput usai sekolah.  Walhasil ... we did it.  Bahkan hari ini anak-anak minta dibekali makanan ini.  Sore tadi, si bujang kecik ngadu ... "keseeel, bekelnya dimintain temen-temen, aku cuma makan satu itupun dipotek lagi".  Sayapun terbahak. "Gak pa-pa nak, bagi-bagi rezeki insyaAllah banyak pahala".  Yang dinasehati cuma manyun trus bilang,"Ntar aku buat sendiri lagi ya, Nda di rumah." Saya pun meng-iyakan.  Kebetulan sisa rajangan daun bawang, dan sosis masih tersimpan rapi di kulkas.

Sampai rumah beneran, langsung dieksekusi.  Saya mah kali ini cuma nontonin, sebab si lanang memang sudah biasa buat telur dadar or masak mie instan sendiri.  Eh, ternyata sekali lihat kemarin si bocah soleh saya sudah bisa masak sendiri martabak kesukaannya lho ...

Ini saya share, biar emak-emak bisa coba di rumah.

Martabak Sosis Ala2 

Bahan  :
*10 lembar kulit lumpia
*Telur 1 butir campur dengan sedikit air dan tepung setengah sendok lalu kocok
* 3-5 tangkai daun bawang dirajang halus
*Penyedap rasa (bisa diganti dengan garam saja)
* 2-3 buah Sosis, rajang halus seperti lidi (bisa juga daging ayam giling yang sudah di tumis kalau mau lebih sehat)
*Bumbu rasa jagung bakar atau balado (kalau gak suka bisa diganti dengan saus tomat atau cabai),
* Minyak

Cara membuat : panaskan wajan kalau bisa sejenis teflon yang datar permukaannya. Beri minyak sayur satu atau 2 sendok, letakkan kulit lumpia secara melebar lalu segera isi dengan daun bawang dan irisan sosis, tambahkan kocokan telur sebanyak 2-3 sendok ditengah, kemudian tambahkan bumbu rasa jagung bakar atau saus sesuai selera, segera tutup dengan melipat 2 kulit lumpia dengan bantuan sutil/sodek sehingga membentuk setengah lingkaran.

Sebenarnya untuk tampilan martabak bisa dibuat kotak, gulungan atau segitiga, tapi berhubung si abang menjual dalam bentuk setengah lingkaran, anak-anak sukanya meniru jajanan yang mereka beli kemarin.

Simple banget kan?

Di pic kok jadinya cuma satu? Eh ... Itu keburu ludes sebelum difoto ... baru mateng dan ditaruh udah langsung ngilang.  Soalnya bukan cuma anak-anak yang suka, emak pun doyan, ha ha ha.

Yuuk ah di coba ....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sihir si Anak Lebah berlanjut di Lovely Glacie

Sedetikpun rasanya enggan meletakkan novel Lovely Glacie yang baru diterima magrib 13 Nopember lalu.  Banyak hal yang membuat sayang berh...

Terpopuler