8 Aktivitas Seru Pengisi Liburan di Rumah

Search This Blog

Saturday, December 28, 2019

8 Aktivitas Seru Pengisi Liburan di Rumah


Menghabiskan waktu liburan di rumah saja mak? Gak jalan-jalan keluar kota seperti para sahabat yang marak memajang foto destinasi liburan nan kece badai?  Jangan sedih ... liburan hukumnya gak wajib xixixi.  Setidaknya ada satu nikmat yang kerap dilupakan dan disyukuri yakni tubuh yang sehat.  Iya, betapa banyak saudara-saudara kita yang melewatkan hari di ranjang rumah sakit.

Buat saya yang dari 2007 udah memutuskan libur panjang (resign karena merried), hampir tiap hari di rumah aja sih gak masalah.  Soalnya hidup saya emang simple.  Diumpanin buku, laptop, kuota banyak, cemilan, kertas gambar atau kanvas aja, bisa ngendon di kamar seharian.

Masalahnya, bagi anak-anak saya kadangkala libur sekolah itu membosankan. Sebab gak ketemu teman otomatis tak ada kegiatan yang semestinya dilakukan untuk mengisi hari.  Teman sekitar rumah memangnya gak ada? Hmm... Kebetulan karena krucils sekolahnya fullday, bisa dibilang mereka jarang nenangga. Sepanjang siang waktunya habis di sekolah, sedangkan malam aktivitas hanya di dalam rumah.

Walhasil, sebagai ibu pemandangan sehari-hari tatkala libur biasanya melihat mereka gak beranjak dari TV atau HP. Wiiih ... gemes rasanya. Belum lagi kalau terjadi perang saudara, jejeritan kerap menggema jikalau krucil meributkan sesuatu.  Aaargh! Bisa pecah kepala melihatnya!

Kalau sudah begini biasanya emak harus putar otak, cari kegiatan pengisi hari agar waktu bisa terlewatkan tanpa sia-sia.  (Bisa dibuatkan jadwal berkala, bisa juga gak ...). Kalau saya pribadi spontanitas saja, kadangkala sambil bertanya pada anak-anak hari ini mau ngapain? Deal. Do it.

Secara umum ini pilihan kegiatan kami yang kerap dilakukan bersama:

1. Memasak

Bikin masakan bareng menjadi salah satu pilihan kami mengisi liburan.  Meski emak gak jago-jago amat berkreasi kuliner, saya sih gak begitu khawatir. Banyak menu seru bertebaran di google yang bisa dicoba di rumah.  Semisal puding aneka rasa, kue-kue simple such as donut, kue cubit atau martabak. Ini hasil adek masak basreng, bakso goreng yang dilumuri bubuk jagung bakar.


Baca : Bikin Riccota Cheese Sendiri, Yuuk!

Saya biasanya melibatkan mereka meski hanya sekedar menggoreng, potong memotong, mencampur terigu dengan gula dan telur, atau mengadon. Gak papa dapur berantakan, yang penting happy dan terakhir ... perut kenyang.

2. Melukis/Menggambar

Nah ini sih yang paling menyenangkan buat saya, karena memang bagian dari hobi. Jadi kadangkala menggambar bisa dilakukan bersama. Anak-anak lebih dulu digambari sketsa mewarnai di kertas, lalu saat sementara mereka asyik mewarnai, ibunya bisa meneruskan sketsa atau lukisan yang terhenti. Jadi semuanya bisa sibuk dan fokus dengan karya masing-masing.


3.  Olahraga (berenang, catur, jalan, skipping, bersepeda, bulu tangkis)

Main bulutangkis
Tiap hari berenang kayaknya gak mungkin ya ... selain boros, bisa bikin gosong kulit kalau dilakukan tanpa jeda hari.  Nah, biasanya alternatif olahraga pengisi liburan kami  yang dilakukan murah meriah saja dan gak perlu keluar jauh.  Cukup dengan bersepeda di pekarangan, main catur, skipping atau main bulu tangkis. Semuanya hemat gak bikin keluar uang, namun menyehatkan.

Baca juga :

Skipping kerap keluar dan dimainkan saat libur

4.  Mendongeng

Untuk saya, biasanya sih ini khusus kegiatan yang dilakukan di malam hari.  Gak harus beli buku baru, tapi kokeksi buku lama yang sudah disimpan di lemari juga bisa dikisahkan kembali.

5.  Membuat Prakarya seperti boneka kertas, boneka dari kaus kaki, dsb.

6.  Main Petak Umpet, kemah-kemahan, monopoli, atau domino.

Semuanya gak pake mahal. Kemah-kemahan bisa dilakukan dengan menggunakan kain panjang dan kursi yang disulap seumpama kemah.

Kalau memilih petak umpet, usahakan kesepakatan wilayah sembunyi jangan keluar gerbang rumah, agar memudahkan pencarian.

Main monopoli.dokpri

Sementara domino, bisa dilakukan bersama sambil menyusun balok-balok domino membentuk bangunan yang akan dijatuhkan bersama di akhir permainan.

7.  Berkebun

Bagi anak-anak saya sih biasanya momen berkebun lebih seneng mainan tanah, pasir dan sekopnya saja.  Berhubung saya juga gak begitu telaten berkebun, biasanya aktivitas ini hanya seputar menancapkan bibit stek semisal mawar, bidara, atau sekedar merapikan dedaunan kering.


8.  Keep Murojaah quran atau membaca buku.


Nah, itu tadi sharing kegiatan kami semasa liburan. Mugkin satu di antaranya bisa menjadi inspirasi emak-emak lain untuk mengisi liburan edisi akhir tahun ini.

Cuss, hari ini mau ngapain aja?

Happy holiday yaa !



No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Viewer

Followers