Alung Pool, Berenang Sekaligus Ajang Piknik Keluarga

Search This Blog

Sunday, December 29, 2019

Alung Pool, Berenang Sekaligus Ajang Piknik Keluarga



Masih dalam suasana libur sekolah. Kamis pagi, 26 Desember saya dan anak-anak sudah menyiapkan perlengkapan berenang ke dalam tas besar.  Ke mana tujuan kami berenang kali ini? Hmm ... Sepertinya yang dekat-dekat rumah saja, sebab semuanya saya handle sendiri, ya nyupir, pelatih renang sekaligus pendamping anak-anak.  Apalagi membawa 4 bocah, lumayan repot tanpa bantuan tangan dewasa lainnya.  (Kali ini dua keponakan sejak pagi bilang mau ikut serta).

Memasuki Alung Pool
Pilihan saya jatuh pada kolam renang "Alung Pool" yang terletak di daerah Tanjung Senang.  Lokasinya sih masih di seputaran Bandar Lampung dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara dari rumah yang terletak di daerah Jagabaya 2, Way Halim.

Tepat jam setengah sembilan, kami bertolak dari rumah.  Sengaja mengambil rute Jalan Pajajaran, Masuk ke Jalan Raya Way Halim terus lurus melintasi Fly Over ke arah Way Kandis.  Lalu masuk ke jalan Ratu DiBalau.  Hanya berjarak beberapa meter dari POM bensin Tanjung Senang kami belok kanan di jalan Raja Tihang Cilik ke arah perumahan Tanjung Alam Residence. Dari depan perumahan plang besar bertuliskan " Alung Pool" sudah nampak jelas di kanan jalan.

Turun dari kendaraan, kami langsung menuju loket yang menjual tiket masuk. Kolam buka setiap hari dari pukul 06.00-18.00 WIB.  Mematok tarif 20k untuk segala usia, kecuali anak-anak berusia 2 tahun ke bawah GRATIS.  Asyiknya, dari tarif masuk tersebut, masing-masing pengunjung diberi bonus teh kotak setelah menukarkan kartu tanda masuk ke petugas. Jadi, gak bakalan kehausan ya kalau berenang di sini.

Alungpool bisa dibilang kolam semi indoor yang di tata apik bukan hanya untuk ajang berolahraga air namun juga sebagai tempat wisata keluarga.

Keunggulan Alungpool dibanding kolam lain di antaranya:
1.  Kolam utama dilengkapi kanopi sehingga pengunjung tidak langsung tersengat matahari saat berenang
2.  Dilengkapi banyak gazebo yang memungkinkan para pengantar bersantai sambil menikmati suasana kolam
3.  Kantin dan berbagai jajanan yang memanjakan lidah pengunjung
4.  Live musik sebagai hiburan para pengunjung kolam
5.  Mushola dan toilet yang relatif bersih

Jika pengunjung tidak memiliki atau membawa pakaian renang, di sini tersedia tempat penyewaan pakaian renang yang terletak di sebelah kiri pintu masuk.  Penyewaan peralatan renang seperti ban, pelampung, kacamata dan loker juga ada.  Tarifnya beragam tergantung barang yang dipinjam. Kalau hanya untuk sewa loker dikenakan biaya 5k saja,

Berhubung perlengkapan renang yang dibawa sudah cukup memadai, maka tak perlu menyewa apapun.  Kami kemudian berganti pakaian lalu cuzz terjun ke kolam renang .... wuiih segarnya!

Alung pool dilengkapi 5 kolam dengan kedalaman beragam. Kolam dewasa utama terletak di depan mushola,  dilengkapi dengan kanopi. Berkedalaman 170cm dengan panjang kolam sekitar 10m lebar sekitar 4m.  Kolam dewasa kedua lebih luas sekitar 20x15m dengan kedalaman 150cm.  Selebihnya kolam untuk anak-anak yang berkedalaman di bawah 100cm dilengkapi dengan seluncuran.

Kalau saya dan anak lanang tentu saja paling senang berenang di kedalaman 170cm, sebab untuk yang sudah mahir bermain air, semakin dalam kolam membuat gerak laju di air semakin ringan.

Kolam anak yg dilengkapi seluncuran

Kalau baru pertamakali datang kemari, biasanya pengunjung akan kaget dengan suhu air di kolam dewasa yang relatif dingin. Wajar saja, sebab design yang tertutup membuat air kolam tidak langsung tertimpa cahaya matahari sehingga temperaturnya lebih dingin ketimbang kolam terbuka pada umumnya. Brrr ... siap-siap menggigil di awal. Tapi kalau sudah terbiasa, langsung bergerak dan berakselerasi di air membuat efek dingin seketika hilang. Jangan lupa pemanasan dulu ya ... untuk menghindari kejang otot atau kram.

Hampir 3 jam berenang, rasanya sudah cukup membuat persendian dan otot-otot tubuh relax dan mengendur. Kamipun satu per satu naik untuk bilas, mandi dan berganti pakaian.

Satu catatan penting, kekurangan Alung Pool menurut saya terletak pada tempat bilasnya yang agak gelap dan kurang terawat sebab beberapa lampu dibiarkan tidak menyala.

Akan tetapi yang menyenangkan di sini, jika ingin berkunjung dalam rangka piknik keluarga, managemen kolam tidak ketat menenentukan aturan soal bawaan pengunjung. Jadi kita bisa bebas bancakan alias makan-makan bersama dengan membawa bekal atau makanan dari luar asalkan mau menambah biaya sewa untuk pemakaian gazebo yang berkisar antara 20-30k.

Nah, kalian yang masih libur dan kebetulan masih di seputaran Bandar Lampung,  Alung Pool bisa dijadikan alternatif tempat piknik keluarga.

Selamat liburan ...
















2 comments:

  1. Asyik, kayaknya di sini murah meriah dan seru ya. Bisa dijadikan pilihan berenang anak-anak.

    ReplyDelete
  2. Iya mbak managemennya juga gak ketat, berasa piknik kalau ramean bareng keluarga dengan bekal makanan dari luar terus gelar tiker or milih pondokan yg sdh tersedia ...

    ReplyDelete

Popular Posts

Viewer

Followers