Pengalaman Lucu Pertamakali Menunggang Badak Besi Chevrolet "Captiva"



Chevrolet Captiva identik dengan sebutan mobil Eropa. Padahal gak sepenuhnya benar sie. Aslinya 'tuh menurut saya si ganteng ini blasteran Amerika- Korea. Sebab GM motor perusahaan automotif ternama Amrik sempat kerjasama dengan Daewoo perusahaan asal Korea, sehingga lahirlah generasi Captiva NFL pertama.  Bisik-bisik karena laris manis di Eropa.  Selain itu, karena teknologi dan safetynya yang menggunakan standar uji sana. That's why dia identik dengan sebutan mobil Eropa.


Karenanya jangan heran, banyak hal printilan yang bikin Captiva berbeda dari mobil kebanyakan. Apa saja sie? Nanti kita bahas satu per satu.


Mobil Keluaran Jadoel Tapi Canggih


Sekalipun beli kendaraan seken.  Kami cukup greatful.  Allah maha baik, mengabulkan impian lama saya, sekalipun ngencesnya bertahun-tahun lalu. Hehe. Dan yang patut digaris bawahi kami membayarnya dengan cara cash, so bebas RIBA. Masha Allah, kalau pakai hitungan di atas kertas kadang gak masuk akal. Intinya sie, memang sudah rezeki kami. 


Alhamdulillah.


Good newsnya saya tuh bisa nyetir sudah sejak 5 tahun lalu sebelum punya mobil sendiri.  Jadi bisa dibilang, ketiban hadiah dari suami gak serta merta gelagapan belajar dulu, cari tempat kursus, buat SIM dll.  Semuanya lancar jaya, saat badak abu dibawa pulang, Wuzz.... langsung bisa ngacir hehehe.


Teringat suatu hari mobil ini pernah dipinjam untuk keperluan anak-anak silat di masjid perguruan. Berhubung latihannya malam, saya persilakan sang pelatih bawa sendiri bareng anak-anak padepokan. Maksudnya biar sekalian saya juga bebas tugas, gak bolak balik jemput si bungsu.


Sepulang mereka latihan, sang pelatih nyengir kuda. Katanya sempat bingung membiasakan tombol lampu sein, selain itu bodynya lumayan besar jadi ekstra hati-hati kalau masuk gang sempit hahaha. 


Tetiba memori saya pertamakali mengendarai badak juga terlintas, memang sebuah pengalaman lucu tak terlupakan.  Mungkin buat kalian, newbie penunggang badak bisa belajar dari pengalaman ini biar gak katro-katro amat wakaka.  Kidding.


1.  Tuas Sein di kiri


Gak kayak mobil keluaran Jepang atau China, tuas lampu sein badak letaknya di kiri setir. Kebalikan dari mobil pada umumnya. Lalu, tuas wiper berada di kanan.  Saat perdana meluncur di jalan raya, saya pun sempet kelabakan ketika beberapakali salah tarik tuas sehingga yang nyala bukan lampu belok, melainkan wiper. Haha.  Santai aja don't panic, tinggal normalin aja, ini cuma masalah pembiasaan.


2.  Bingung nyari tombol pembuka tangki bahan bakar


Yup, saat pengisian bahan bakar pertama saya sempat bingung letak tombol pembuka tutup tangki bahan bakar. Kok gak ada?  Ternyata mobil ini cukup dengan mematikan mesin, maka tutup bisa dibuka otomatis.  Maklum orang-orang di Eropa kan biasa mengisi bahan bakar di station pengisian bahan bakar mandiri, gak seperti di Indonesia dibantu mbak-mbak atau mas-mas petugas POM bensin. So jangan celingukan cari-cari tombol/tuas pembuka di bawah setir atau bagian bawah pintu sopir ya ... Dijamin gak ketemu, xixixi.


3.  Bingung pemakaian transmisi kecepatan


Nah, awalnya saya juga bingung liat tuas transmisi.  Ternyata, captiva ini dilengkapi transmisi otomatis yang bisa juga di-switch ke manual.  Jadi saat pertamakali nyetir bingung fungsi tanda + dan - di bagian Drive buat apa?  Ternyata itu tuas untuk mengganti ke fungsi transmisi manual. Nyaris sama dengan mobil manual umumnya, yakni menyesuaikan kecepatan, juga untuk over gigi sesuai medan menanjak atau turun.




Sttt .... Awal-awal sie saya gak mau pusing kalo jalan, udah stuck di D aja mau nanjak, nurun tak peduli hahaha.... 


4.  Bingung mau isi bahan bakar pakai Dex, Dexlite, Biosolar atau Solar biasa?


Kebetulan yang saya pinang NFL jenis diesel 2.0 L with turbo engine.


Dulu sempet takut salah. Tapi setelah tanya sana sini beberapa teman komunitas akhirnya paham.  Teknologi Captiva menginginkan solar kualitas terbaik yang minim menghasilkan endapan saat pembakaran.  Kalau soal skala sulfur yang dihasilkan saya agak lupa or gak paham di angka 4 atau berapa lah.  Sementara mobil ini menghendaki solar kualitas bagus dengan endapan sulfur setelah pembakaran sekitar 2.  CMiiW. Yang jelas standar solar biasa itu pilihan terakhir.  Bio solar gak rekomen, karena paling banyak sisa endapannya. Dex paling di rekomendasikan, sekalipun dengan catatan kualitas solar indonesia belum sepenuhnya standar Europe.  Aiiiish ... Ribet ya? Gak juga sie, ini sie masalah pilihan aja. Kalau mau umur mesin lebih panjang, pakai solar terbaik. Kalau cekak ya solar biasa aja deh ... Tapi resiko tanggung sendiri.


Saya sekurang-kurangnya menggunakan Dexlite.  Memang ngaruh pada mesin gimana? Kalau menurut mekanik khusus chevy langganan, kualitas solar mempengaruhi jangka/masa pakai filter solar atau bahkan injektor. Semuanya sangat urgen buat mesin, kalau kedua barang itu kotor karena endapan solar kualitas buruk selalu dipaksakan, maka kedua alat tadi rentan rusak or selalu minta dibersihkan karena mobil ya gak mau jalan kalo salah satunya rusak.  Misal kalau Dex minimal filter solar harus selalu diganti/dibersihkan setiap 5000km, nah kalo selalu pakai solar biasa kudu lebih rajin lagi ke bengkel, minimal 2000km. Its means siap biaya perawatan dong ye, apapun pilihanmu.


5.  Bingung lampu indikator saat sebelum starter (stand by) banyak sekali


Chevy captiva sudah menggunakan teknologi komputerisasi yang lumayan canggih sekalipun termasuk mobil lama.  Kalau ada trouble akan selalu muncul lampu indikator sebagai tanda something wrong with your car. Entah itu oli kurang, engine bermasalah, lock, dll. Kalau sekedar peringatan safeybelt dan pintu-pintu kurang rapat itu sih standar semua mobil bisanya begitu. Tapi istimewanya captiva lampu indikatornya sangat lengkap.  Kudu hapal atau setidaknya rajin baca manual book untuk lebih jelasnya.  


Kalau pemilik mobil gak punya scanner ODB, ya musti cek ke bengkel untuk mengetahui masalah pada mobil saat lampu menyala ketika posisi berjalan.   *Itu sie saya hahaha harap maklum mamak2 taunya pake aja.



Nah pertamakali ada lampu indikator trouble mesin yang nyala saat jalan, saya langsung panik dan buru-buru ke bengkel. Padahal ternyata masih bisa kok dipakai mobilnya, itu hanya tanda awal peringatan.  Jadi, gak harus kuatir berlebihan juga kelesss xixixi.


6.  Ngerem mendadak otomatis MATI


Nah ini salah satu kelebihan captiva, standar safetynya yang bikin saya kagum.  Kalau ngerem mendadak tetiba mesin mati. Awalnya sempet kesel, mengira beli mobil bermasalah. Soalnya sebelumnya pake mobil matic brand beda gak pernah begitu. Ternyata si garang ini lumayan sensitif. Komputer bakalan mematikan mesin kalau pengguna berhenti mendadak, sebab dianggap terjadi sesuatu darurat yang membahayakan. Semisal kecelakaan.  So bawa captiva kudu smooth, gak boleh gragasan antara injak rem dan gas. Tapi kalo pas diajak ngebut, siap-siap safebelt kudu kenceng ya .... Larinya bisa bikin kamu melotot secara 2000cc dilengkapi turbo!


Pernah sekali mati di jalan karena abis ngerem mendadak, pucet ... kok gak bisa distarter lagi? Ternyata eh ternyata posisi tuas masih di D.  Xixixi.  Harusnya ketika mesin mati, tuas transmisi dinaikkan kembali ke posisi P, lalu restart ulang.


7. Punya 3 colokan mobile charger, di dekat setir, tengah dan belakang!

 

Kalo ini yang bikin saya juga kagum. Chevy captiva sangat memanjakan penumpang. So, gak perlu kuatir rebutan charger kalo tetiba HP habis baterai di jalan. Asal ada konektornya bisa cas di bangku manapun kamu duduk. Gak perlu nungguin charger dekat setir selesai dipakai.


8.  Bingung kode audio


Saat beli, audio/radio mobil sih nyala bagus.  Tapi saat pertamakali masuk bengkel, tune up dll ternyata restart semua program. Sempet kebingungan karena di layar minta audio CODE: ... Manyun deh mengira habis servis kok radionya malah rusak. Heu heu. Lagi-lagi nanya anggota komunitas captiva setempat, ternyata solusinya lihat di manual book, balik aja bukunya. Paling belakang ada kode audio.  Biasanya tertera 4 digit.  Nah, kalau mobil kamu manual booknya hilang, tinggal telpon showroom chevy terdekat, biasanya petugas meminta no rangka mesin untuk menyocokkan dengan kode audio setelan pabrik (so, jangan asal tebak angka karena setiap mobil beda satu sama lain). 


Kalau males menghubung dealer/showroom bisa juga di googling (saya belum pernah coba sie ...)


Itu pengalaman saya pertamakali mengendarai mobil as captivian, kalau kamu penunggang badak juga, sharing yuuk! Barangkali ada pengalaman lucu lainnya terutama yang bikin ngakak.




No comments:

Powered by Blogger.