Wisata Bernuansa Pegunungan Seputaran Bandar Lampung


Tinggal di Bandar Lampung dengan kontur lengkap di mana sebagian wilayahnya terdapat pegunungan, sungai, dan laut memberikan banyak alternatif tempat wisata.


Kebetulan, suami tipikal pria yang lebih mencintai wilayah pegunungan sebagai alternatif liburan, sementara saya penyuka wisata air dan laut sejati, hehe.  Perbedaan ini acapkali membuat kami sesekali harus menurunkan ego dan mengalah dalam menentukan tempat destinasi wisata.  


Bagaimana dengan anak-anak?  Ah ... mereka mah asalkan judule jalan-jalan, tetap enjoy ke manapun diajak traveling. 


Dan untungnya, Lampung punya segalanya ...


Kali ini saya merangkum beberapa destinasi wisata yang menyuguhkan panorama dari ketinggian di seputaran Bandar Lampung:


1.  Puncak Mas


Terletak di kawasan Sukadanaham, Bandar Lampung.  Merupakan salah satu kawasan wisata terfavorit, sebab dilengkapi banyak fasilitas. Mulai dari lahan parkir yang luas, berbagai permainan seperti bersepeda di ketinggian, kids playground, hingga tempat jajan dengan menu variatif.  



Tarif masuk 15k/orang.  Pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara dari pusat kota ke arah tugu duren sukadanaham, terus naik lagi ke wilayah pemancar TV.  


Buka setiap hari mulai jam 09.00-22.00 WIB.  Disarankan ke mari malam hari, supaya lampu-lampu kota dari kejauhan terasa Indah ditambah suguhan live musik yang mengentak.


2. Muncak Teropong Laut


Tempat ini terletak di seputaran Lempasing, Kabupaten Pesawaran.  Sekitaran 30 menit dari pusat kota, mengambil arah teluk betung terus menyusuri jalan ke arah pangkalan TNI-AL.


Berbeda dengan pemandangan ala Puncak Mas yang sebagian didominasi oleh panorama kota Bandar Lampung, nuansa yang disuguhkan ala muncak teropong adalah view laut dari ketinggian.


Biaya masuk 10K/orang.  Namun pengunjung juga dikenakan biaya parkir kendaraan motor/mobil.  


5.  Bukit Sindy

Letaknya di pusat kota, yakni jalan Imam Bonjol, atau pasar Tamin tak jauh dari sekolah Ar-Raudah kearah perbukitan.

Tarif masuk 10k/per orang menawarkan panorama kota Bandar Lampung dari ketinggian.  Fasilitas lahan parkir, foodcourd dan tempat berfoto yang instagramable. Setiap malam minggu ada live musik yang disuguhkan sambil menikmati kelap kelip lampu kota. 


4.  Lengkung Langit

Lengkung langit
Lengkung Langit, Dokpri


Terletak di Kelurahan Pinang Jaya, Kemiling,  masih di seputaran Sukadanaham.  Dilengkapi dengan kafe dengan menu beragam, tempat yang relatif baru ini  cukup memberikan daya tarik tersendiri untuk menikmati panorama pegunungan, sambil berfoto di atas perahu atau di depan gapura ala pure di Bali.

Tarif masuk Lengkung Langit 10k/orang, parkir motor 3k, mobil 5k.


5. Pintu Langit

Wisata Pintu Langit, Dokpri

Untuk sampai ke sini kita harus menapaki wilayah pegunungan seputaran Jl. Wan Abdurrahman, Sukadanaham.  Letaknya di Desa Sumber Jaya, Kemiling.  Sekitar 45 menit berkendara dari pusat kota.


Akses motor dan mobil cukup kondusif dengan fasilitas jalan yang memadai.  Tak ada biaya masuk pengunjung (sementara ini--sebab masih proses pembangunan).  Hanya bayar parkir kendaraan saja sekitar 5k.

Terdapat kolam renang dan kolam terapi kesehatan dilengkapi kafe di bagian depannya dengan tiket masuk 25k untuk berenang.


Berkunjung ke kawasan wisata Sukadaham akan terasa lebih mengasyikkan kala musim durian tiba.  Siapkan uang lebih kalau nanti tergoda memborong buah harum nan berduri itu karena penampakannya akan terasa menggoda sebab dijual di pinggir-pinggir jalan  😍😍😍

6.  Bukit Sakura

Untuk mencapai Bukit Sakura sangatlah mudah, cukup menyusuri jalan Imam Bonjol arah Kemiling. 

Tempat bernuansa Jepang ini mengenakan tarif masuk 10k.  Untuk berfoto asyik, pengunjung, bisa sewa kostum Jepang, Korea dan Belanda dengan harga berkisar 20-40ribu rupiah.  

Buka setiap hari dari jam 08.00-22.00 WIB

Sumber pic : infolampung.com



7. Camp 91

Lokasi di seputaran sekolah polisi kemiling, Langkapura. Dilengkapi dengan kolam renang privat dan bangunan yang bisa menampung tamu untuk menginap atau sekadar menjamu relasi kantor.

Buka setiap hari dari jam 09.00 dengan tarif masuk 10k.


Dokpri


8. Kampoeng Vietnam


Awalnya terlintas di pikiran apa yang dimaksud sama dengan Kampoeng Vietnam yang ada di P. Galang, Batam? Yakni sejenis camp bekas pengungsi asal Vietnam ketika menyelamatkan diri dari peperangan di tahun 90-an.

Ternyata beda jauh, kampung Vietnam ala Lampung merupakan tempat wisata yang menyajikan spot foto panorama pegunungan dan laut dari ketinggian. (Sampe pulang msh bertanya2 kenapa dinamakan itu?)

Tarif masuk 5k, biaya parkir 3k. Tapi jika ingin berfoto di atas jembatan kaca, dikenakan biaya lagi 5k perorang.

Letaknya masih satu kawasan dengan destinasi wisata Pintu Langit, yakni seputaran kawasan wisata Wan Abdurrahman, arah kemiling. Bandar Lampung. Fasilitas di dalam ada tempat makan dan mushola lho ...

Dokpri


Dari sekian destinasi wisata berpanorama dari ketinggian, kamu tertarik berfoto di mana?

#kelilingampung
#jelajahlampung
#kampungvietnam
#bloggerlampung
#perempuanblogger
#emak2blogger


No comments:

Powered by Blogger.