Manfaat Mengikuti Berbagai VO Challenge




Di dunia Voice Over (VO), berlatih rutin menjadi suatu keharusan untuk menjaga kualitas suara para Voice Over Talent/dubber.  Sebab suara yang sejatinya menjadi ujung tombak para pengisi suara harus selalu dijaga vitalitasnya.  Dan prima atau tidaknya kemampuan membaca dengan intonasi dan aksentuasi yang baik, teknik pernafasan, penghayatan dll berbanding lurus ketika segala upaya telah dijalankan.


Untuk para new comer di dunia VO ada banyak sarana yang bisa dimanfaatkan untuk berlatih dan mengasah perfomance suara.  Selain beberapa aplikasi yang pernah saya bahas di blog ini, ajang Voice Over Challenge menjadi suatu hal yang menarik untuk dicoba.


Beberapa benefit yang didapat dari mengikuti ajang VO challenge antara lain:

1.  Sarana praktek/latihan pernafasan dan olah vokal. 

Semakin banyak membaca skrip VO berarti praktek langsung melatih kemampuan membaca, speed reading dan olah nafas untuk menghasilkan vokal yang prima.

Selain itu ajang VO membuat kita kerap memerhatikan style peserta lain yang pada akhirnya menjadi kesempatan pembelajaran berbagai style dalam membaca dan gaya bicara. 

2.  Menambah portofolio VOT

Sekalipun mungkin tidak keluar sebagai juara, video VOchallenge karya kita jika diposting di medos atau dikumpulkan  bisa menjadi portofolio atau semacam informasi pribadi berupa sample yang digunakan untuk branding as VOT/dubber.

Saat client membutuhkan sample suara kita, dengan mudahnya seorang talent tinggal memberikan salinan tautan atau link medsos berisi sample suara yang dimiliki. 


3.  Menambah Pertemanan

Ajang VOchallenge tak jarang mencari pemenang dengan kategori VOTE terbanyak.  Nah, jika salah satu lomba menerapkan petunjuk teknis semacam ini, maka secara tidak langsung-mau tidak mau- memaksa para talent mencari dukungan dari sahabat bahkan peserta lain.  Selanjutnya, tidak mustahil mereka akan saling follow dan support akun satu sama lain.

Secara otomatis teman dan relasi kita di dunia VO kian bertambah seiring beragamnya tantangan yang diikuti.

My VOChallenge produk Kahf
di medsos

4.  Membuka peluang mendapatkan Job VO

VOChallenge biasanya membuka peluang seseorang untuk mendapatkan job lain berkenaan dengan suara.  Banyak VOT senior bertutur sekalipun gagal, adakalanya client dari perusahaan yang berbeda menyukai warna suara kita dan menawarkan job pengisi suara untuk produk di perusahaannya.

Jadi jangan lelah berikhtiar, sekalipun kebanyakan gagal,  setiap talent kudu yakin bakalan pecah telor or panen suatu hari -- pinjem istilah para senior-- hehehe.


5.  Penyemangat berlatih dengan iming-iming hadiah


Kalau saya sih prinsipnya mengikuti ajang seperti ini ya sekedar buat latihan, bonus hadiah dan sertifikat bukan tujuan utama.  Alih-alih berlatih, kalau sambil dilombakan terus menang ... tentu akan menjadi pengalaman luar biasa yang tak terlupakan.


Hadiah tentu saja akan menjadi penyemangat mengasah kemampuan setiap VOT, akan tetapi jika menjadi tujuan utama, takutnya mudah patah hati. Apalagi jika banyak menemui kesulitan dan kegagalan.  Just take the challenge and do the best!

6.  Menambah rasa percaya diri


Kebanyakan para talent kurang PeDe dengan warna suara sendiri. Nah, ajang VOchallenge bisa membantu kita mendongkrak mental yang down duluan.  Bagaimana mungkin suara kira akan didengar dan dipilih client apabila malas dan malu bersuara? Kalau sudah memutuskan menjawab tantangan dengan ambil bagian dalam lomba, means kalian harus siap suaranya didengar banyak orang dong?! 

Ehm ... tapi untuk tau ada ajang VO challenge itu dari mana? 

Sejauh ini sih pengalaman saya informasi lomba-lomba itu banyak bertebaran di medsos IG, tik-tok atau FB. Misal, jika kita aktif mengikuti para Vochallenge beken such as @Bimoky @anita.marta @irenenasution atau IG produk/perusahaan-perusahaan ternama. Ditambah lagi, jika kita aktif dan bergabung di sebuah komunitas VO, tentu saja kesempatan bertukar informasi seputar VOchallenge semakin banyak.  

Oya, salah satu catatan tambahan penting untuk mengikuti challengeVO di beberapa medsos, kalian harus mencermati syarat dan ketentuan dari panitia.  Penuhi semua RULES seperti kewajiban mention sponsor ataupun hastag, lalu posting jangan melebihi batas akhir pengiriman/Deadline yang diberikan panitia.

So, sudah bersuarakah kamu hari ini? Semangat selalu untuk berlatih ya...


#vochallenge Avoris product


No comments:

Powered by Blogger.