Jalan-Jalan Murah di Bandar Lampung

March 18, 2021



Stay di seputaran Bandar Lampung, trus bingung mau ajak anak jalan-jalan ke mana karena bokek tanggung bulan? Pernah atau maybe sekarang merasa gitu? Tenang Mak, ternyata kita senasib xixi


Meski kantong kempes, ternyata banyak kok tempat jalan-jalan murah di kota Tapis Berseri yang bisa mengalihkan kepenaan dari rutinitas, atau sekedar menyenangkan buah hati. 


Yang penting minimal persediaan bensin cukup ya buat sekedar bekeliling kota.

Yuk intip beberapa destinasi yang murah meriah di seputaran Bandar Lampung


1.  Taman Kera Teluk Betung


Letaknya persis di belakang komplek perkantoran dinas kesehatan, jl. Dr. Susilo Teluk Betung.  Bisa juga masuk lewat Sarijo, terus mengikuti jalan setelah gapura bertuliskan "Kawasan Hutan Kera."  

Kawasan Hutan Kera, Teluk Betung

Masuk wilayah ini gratis, namun disarankan pengunjung datang pada sore hari membawa buah-buahan sebab kawanan kera biasa muncul menjelang malam. 


2.  TPI Gudang Lelang


Letaknya di seputaran Teluk Betung, tepatnya di ujung bom atau orang biasa menyebutnya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Gudang Lelang.  Tiap sore selepas ashar tempat ini mulai ramai pengunjung yang mau membeli hasil laut segar yang baru saja turun kapal. Aktivitas mulai sepi menjelang pukul 21.00 wib.


Kalau saya sih ... Selain berburu cumi dan kepiting paling demen duduk di pinggiran dermaga memerhatikan kesibukan kapal-kapal dan awaknya yang menurunkan ikan hasil tangkapan.  Sekalipun ada yang bilang crowded menurut kami ini mengasyikkan.


Walau tak ada niatan berbelanja tangkapan laut, main ke wilayah ini tetap dikenakan biaya parkir kendaraan, 2k untuk motor, 5k untuk mobil.

Gudang Lelang, Dokpri


3. Ecopark, Embung dan Penangkaran Rusa Universitas Lampung 


Belakangan Universitas Lampung punya tempat keren sebagai destinasi jalan-jalan warga kota.  Tepat di kiri pintu masuk ada taman holtikultura yang bisa disinggahi jika tanaman tengah menghijau.  Masuk ke kawasan kampus Unila, Raja Basa ke arah gedung serba guna, akan disuguhi taman rusa dan dua buah embung alias danau buatan yang baru saja selesai dan diresmikan.



Viewnya lumayan bagus sekedar untuk jalan santai bersama keluarga di akhir pekan.  Biaya masuk? Gak ada, sejauh ini masih free ... Kalau ada pasar pagi kita hanya perlu membayar bea parkir kendaraan.


4.  Bendungan Kali Akar


Masuk ke sini hanya dikenakan biaya parkir sebesar dua ribu rupiah.  Dulu sih ini hanya berupa kali penampungan air warga kota, namun belakangan semenjak dirapikan pemerintah daerah menjadi salah satu spot foto yang instagramable.

Untuk mencapai lokasi dari arah jalur dua palapa naik ke arah kantor gubernur, lalu belok di sebelah kantor PDAM Way Rilau, Sumur Putri. Terus belok kiri lagi menuju kali akar.

Bendungan Kali Akar, Dokpri.

5.  PKOR Way Halim

 

Ini sih tempatnya para anak muda Lampung nongkrong.  Di sini muda-mudi maupun keluarga bisa menghabiskan sore menjelang senja dengan berolah raga, ataupun sekedar jalan-jalan menikmati jajanan dan permainan khusus di area anak-anak.


 Pada akhir pekan, PKOR Way Halim sejak fajar dipenuhi pengunjung untuk berolah raga, mencari sarapan, atau berbelanja di pasar pagi yang digelar setiap hari minggu di sepanjang jalan menuju pintu masuk.

PKOR, Wayhalim. Dokpri

6.  Taman Gajah, Enggal


Letaknya tepat di pusat kota hanya berjarak beberapa puluh meter dari tugu adipura atau tugu gajah.  Kala senja para anak muda biasa berolah raga di seputaran arena basket, skateboard, bersepeda santai di taman, atau menikmati jajanan yang berjejer di pinggir-pinggir jalan.


Taman Gajah, Bandar Lampung. Dokpri


Khusus anak-anak banyak permainan yang disuguhkan di sana, misal penyewaan motor/mobil mini, komidi putar, dll.  Tentu saja para orang tua harus merogoh kocek lebih jika ingin menyenangkan buah hatinya.  Biaya parkir kendaraan roda 2 sebesar 3k, mobil 5k.

7.  Taman Bunga 7 selfie Wan Abdurrahman

Lokasi taman bunga celosia "7 selfie" tak begitu jauh dari kebun binatang Bumi Kedaton. Kalau dari arah teluk betung, setelah kebun binatang naik lagi ke atas menuju penangkaran kupu-kupu Gita Persada, Jl. Wan Abdurahman. Posisi taman bunga ada di sebelah kiri srbrlum penangkaran rusa.

Untuk masuk ke taman bunga dan bergaya selfi di akhir pekan dikenakan biaya 10k/orang sudah mendapatkan bonus minuman berupa teh kotak.

Taman Celosia 7 Selfie, Dokpri.

8. Penangkaran Rusa dan Taman Kupu-kupu Gita Persada

Sebenarnya kedua tempat ini terpisah, hanya saja biasanya kalau sudah sengaja jalan-jalan ke arah Jl. Wan Abdurahman, destinasi ini wajib dikunjungi.  Untuk pengunjung dikenakan biaya sebesar 10k/orang di luar bea parkir kendaraan.


Untuk mencapai lokasi yang berjarak sekitar 30-45 menit dari pusat kota, kita harus mengambil jalan ke arah teluk betung, melintasi PDAM Way Rilau terus masuk ke jalan Wan Abdurahman, sukadanaham.





Penangkaran Rusa dan kupu-kupu gita persada

9.  Sentra ikan Asin, Pulau Pasaran

Bagi para emak-emak penyuka kuliner olahan ikan asin, tempat ini wajib diketahui. Sentra ikan asin di seputaran Bandar Lampung terdapat di Pulau Pasaran.  Sekitar 25 menit dari pusat kota ke arah Lempasing.  Tepat setelah jembatan baja, belok kiri ke jalan Teluk Bone terus menyusuri jalan hingga tiba di  muara sungai.  Sudah dilengkapi jembatan beton yang bisa dilewati kendaraan roda dua untuk tiba di pulau.

Kalau ke sana sebelum jam 12 siang biasanya kita disuguhi pemandangan ikan atau cumi yang masih dalam proses penjemuran. Hampir setiap rumah di pinggiran pantai bermata pencaharian sebagai nelayan sekaligus memproduksi ikan asin.

Jalan-jalan melihat aktivitas para nelayan menjemur ikan bisa banget sambil menikmati laut lampung nan indah ... Dan yang terpenting lagi gak perlu merogoh kocek sepeserpun di sini. Kecuali kalau emak-emak tertarik membeli ikan asin untuk dibawa pulang hehehe.


Nah itu tadi beberapa tempat yang murmer seputaran Bandar Lampung. Buat warga kota, adakah tempat di atas yang belum penah kalian kunjungi?


 

Pulau Pasaran, Dokpri.


#kelilinglampung
#jelajahlampung
#perempuanblogger
#bloggerlampung

No comments:

Powered by Blogger.