Kisah di Balik Antologi 3 Nyonya



Dunia maya memang memiliki kekuatan besar dalam menyebarkan positive vibes.  Siapa sangka awalnya akrab sebagai teman facebook akhirnya memutuskan membentuk sebuah kelompok penulisan mengusung plan perdana, mempersembahkan kumpulan cerita anak.


Sejujurnya sejak kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Lampung, saya sudah mengenal Dewi, sekalipun berbeda jurusan setidaknya kami dulu kerap saling menyapa.  Belakangan Dewi memperkenalkan saya dengan Fitri restiana atau saya biasa sapa Uni Fifi.  Uni kebetulan sempat berkuliah di Fakultas Fisip Unila.  


Pertemuan perdana, saya ingat betul sekitar dua tahun lalu di rumah beliau, pada saat itu uni baru saja mengalami kecelakaan yang menyebabkan kakinya patah. Heu heu.


Kesan pertama dari pertemuan itu beliau sangat welcome, sabar dan baik hati orangnya.  Apalagi ngadepin saya dan Dewi yang "rame" haha.  Makin nyambung dan klik berasa seperti sudah kenal lama, sebab kami punya kesamaan hobi yakni membaca dan menulis.  


Pertemuan ke dua, ketiga dan seterusnya tiba-tiba melintas ide untuk membuat sebuah karya bersama. Beberapa bulan digodok, akhirnya fix sepakat menulis cerita anak, dengan alasan Uni Fifi sudah sangat berpengalaman dalam penulisan cernak.  Buku-buku beliau sudah banyak dijumpai di rak-rak toko buku nasional.


Buat saya pribadi, menulis buku ini seperti dipaksa berpikir dan kembali ke masa kanak-kanak. Selain itu saya terbantu sekali dengan memperhatikan polah dua krucis di rumah dan menempatkan diri seolah mereka.  


Buku ini akhirnya diberi judul "Misteri, janji dan Teka-teki" berisi 15 buah cerita untuk anak-anak rentang usia 9 tahun ke atas lengkap dengan ilustrasinya. Masing-masing kami menulis 5 cerita dan bertanggung jawab mencari ilustrator cerita masing-masing.  Kebetulan karena saya juga suka menggambar, maka gak perlu kemana-mana saya pun mengilustrasikan cerita yang ditulis sendiri.  Dewi kemudian menunjuk mba Happy Rose yang kebetulan teman FB saya juga, sementara Uni fitri Restiana mendapuk Bang Dede Darmawan S, ilustrator asal Lampung. Di buku ini saya juga kebagian tugas tambahan mendesign cover dan sebuah cerita yang ditulis Uni Fifi, juga membuat video promosinya.


Banyak kesan mendalam, terutama bagaimana kegaduhan tiga nyonya alias kami dalam hal berdikusi mengenai buku ini.  Chat WAG ramai celoteh dan tawa, padahal membernya cuma bertiga. Pagi, sore, malam, nyambung terus, bahkan kadang beralih ke voice note kalau jari mulai malas mengetik.  Sementara kejahilan  saya sering kambuh apabila menggunakan VN, demennya mengeluarkan suara-suara lucu yang bikin kaget semua.


Mumet kala revisi tulisan, ubah gambar lagi, tapi semua tak dirasa sebab yang dominan hanyalah kecintaan dan kesadaran untuk memberikan karya terbaik untuk anak-anak negeri.


Seru, tapi santai dan tetap fokus ke tujuan.


Intinya buku ini berisikan kumpulan cerita anak.  Memuat berbagai kisah seputar dunia anak-anak yang identik dengan persahabatan, kasih sayang keluarga dan sesama, keingintahuan yang besar akan sesuatu, serta pembelajaran dari setiap kisah yang dialami.


Terdiri dari 110 halaman, 15 halaman full color, selebihnya menggunakan bookpaper. Kami bertiga mempercayakan buku ini cetak di Aura Publishing pimpinan Mas Ikhsanuddin ketua Ikapi Lampung--kebetulan tempat yang sama di mana saya mencetak dua buku solo sebelumnya, yakni "Andai Dosa Berbau" dan "Seraut Wajah Emak"--. Oya, buku Uni Fifi bertajuk " Cinta tanpa Syarat"  dan Dewi "Kutunggu kalian di pinggir trotoar" juga di cetak di sini.  So, gak heran dong, kami sepakat memilih Aura Publishing ❤️😁


Terhitung sejak akhir tahun lalu berjibaku dengan tulisan dan gambar, revisi, editing, dsb. Alhamdulillah awal maret 2021 ini kami sudah bisa menikmati hasilnya.  Senangnya kala buku ini sudah bisa mendarat manis di tangan para pembaca.


Terimakasih saya ucapkan kepada para peng-endorse, Mas Ikhsan, sahabat dan semua pihak yang telah mendukung proses penerbitan buku ini.


Bangga dan bahagia bisa satu tim dengan penulis-penulis kece lampung sekeren Uni Fifi dan Dewi. Semoga kerjasamanya bisa berlanjut ke karya-karya berikutnya. Aamiin.


Semoga buku kami ini bisa ikut ambil bagian dalam meramaikan dunia literasi anak Indonesia dan memberikan alternatif bacaan yang mendidik, khususnya dalam suasana pandemi yang belum juga berakhir.


Jika kalian berminat bisa pesan di Bit.ly/chat-mega1 Sttt ... Selama bulan maret promo harga khusus only 85k lho, grab it fast ... 😘😘😘







8 comments:

  1. Walaupun bolak-balik kudu revisi, edit sana-sini, alhamdulillah terbitnya membahagiakan ya kak Mega. Semoga banyak menebar manfaat dan banyak yang suka buku cernak ini

    ReplyDelete
  2. Wah sukses selalu Mbak,
    Ikut seneng akhirnya terbit juga bukunya hehe. Memang keberhasilan dalam hobi itu beda, ada manis-manisnya.

    ReplyDelete
  3. wah, ikut senang bacanya mbak. pasti lega rasanya ketika buku bisa terbit. sukses terus ya mbak

    ReplyDelete
  4. Saya jujur aja berkat baca postingannya mba Mega jadi tau tentang buku anak ini. Wah pingin jadi reseller nya juga. Sukses dan cemerlang selalu ya mba karir menulisnyaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget mb, monggo japri aja klo mau jd reseller. Tq

      Delete

Powered by Blogger.