Jagung Melimpah, Enaknya Dibuat Cemilan Apa Ya?



Saya termasuk pecinta jagung.  Diapain aja pasti suka, mau dimasak sup, perkedel, campuran seafood, bahkan sekedar jadi cemilan sehat seperti jasuke, puding, ataupun pop corn.

Selain karena rasanya manis, jagung yang baru dipanen itu mudah diolah jadi apapun karena cepat matang saat dimasak.

Salah satu keuntungan stay di Bandar Lampung adalah mudahnya menemukan komoditi favorit yang satu ini.  Selain itu harganya juga sangat murah, kalau lagi panen raya jagung bisa dihargai 3-5 ribu rupiah per kilogram. Jangan bandingin dengan saat saya atau di Batam dulu. Heu heu. Pengen mewek rasanya beli jagung sebiji bisa dikenai harga 5ribu rupiah.  Setelah tak lagi stay di sana dan kembali ke kota kelahiran, rasanya saya seperti kembali menemukan surga yang hilang.  Halaaaah emak lebay hehehe.

Sudah tahu belum mak, jagung ternyata memiliki segudang manfaat, diantaranya membantu pencernaan, kesehatan mata, jantung, bahkan baik untuk penderita diabetes karena kaya akan kalori dan mineral.  Menurut sebuah jurnal kesehatan satu buah jagung setara dengan kebutuhan 10 persen serat dalam tubuh manusia dalam sehari.  Makanya jangan heran jagung kadang direkomendasikan oleh dokter sebagai menu pengganti nasi bagi penderita diabetes dan obesitas yang hendak diet ketat.

Selain itu di dalam jagung, terkandung asam folat yang baik untuk ibu hamil. Carotenoid, zat yang sangat baik menurunkan resiko rabun senja dan penggumpalan darah pada arteri (menurunkan resiko penyakit jantung), B12,  dan zat besi yang sangat baik dalam mencegah kurang darah atau anemia.

Si kecil kebetulan juga suka dengan cemilan olahan apapun berbahan dasar jagung.  Nah mumpung masih banyak persediaan di kulkas, yuk kita intip penganan jagung yang berhasil saya olah untuk keluarga.

1. POP CORN

Cemilan ini paling gampang dibuat, hanya membutuhkan segenggam biji jagung kering, setengah mentega sachet dan beberapa sendok gula pasir.

Cara membuatnya siapkan setengah sachet mentega+ segenggam jagung yang dimasukkan ke panci anti lengket dimasak dengan api kecil lalu di tutup. Kalau bisa pilih tutup panci yang transparan atau terbuat dari kaca, agar lebih mudah terlihat. Tunggu beberapa saat kalau isi panci sudah meletup-letup artinya pop corn sudah jadi. Goyang-goyang sedikit pancinya agar semua semua jagung meletup sempurna.

Kalau di rumah, biasanya saya kerap menambahkan bubuk keju, jagung bakar, berbeque, atau bubuk cabai jika ingin rasa yang berbeda.  Tapi dari sekian banyak pilihan, varian rasa karamel paling banyak disuka. Caranya ... panaskan gula pasir pada panci terpisah, saat mulai mencair dan berubah kecoklatan siramkan pada popcorn yang sudah jadi.  Mmm... Yummy! dijamin gak kalah dengan popcorn caramel yang dijual di studio 21 xixixi.


Olahan jagung berupa popcorn
dokpri


2. PUDING JAGUNG

Salah satu cemilan olahan kesukaan di rumah yang terbuat dari olahan jagung adalah puding.  Untuk mendapatkan textur puding yang lembut namun tidak lemas seperti jelly, biasanya saya mencampurkan produk nutrijel dengan agar-agar biasa.  Panduan berapa gelas air yang digunakan mengikuti petunjuk yang ada di balik kemasan nutrijel.  

Pemakaian gula sesuai selera.  Biasanya saya akan menambahkan lagi susu coklat atau susu putih ke dalam rebusan agar-agar saat mendidih.  Khusus untuk jagung setelah direbus, sebelum dimasukkan ke panci, sebaiknya di saring terlebih dahulu agar ampas jagung yang tertinggal terpisah dan mendapatkan texture puding yang benar-benar lembut dan halus jika dipotong.

Untuk fla-nya biasanya saya hanya menggunakan satu butir kuning telur + gula pasir + satu sedok tepung maizena + susu cair dan vanili.   Susu dan gula dimasak dengan api kecil, setelah itu tambahkan kocokan telur, vanili dan tepung pelan-pelan sambil diaduk hingga mendidih.


Puding jagung kesukaan
dokpri


 3.  JASUKE

Ini sih cemilan paling simple ya, saya rasa banyak ibu-ibu yang pasti sering menyajikan cemilan sehat ini pada keluarga ... cara buatnya jagung yang sudah disisir dicuci bersih lalu dikukus.  Setelah matang ditempatkan di sebuah mangkuk lalu diberi setengah sendok mentega kemudian diaduk sampai rata.  Selanjutnya diberi toping serutan keju dan susu kental manis.

Pic ada di atas 😘

***

Itulah ketiga menu andalan keluarga di rumah. Kalau emak-emak sering buat cemilan apa yang terbuat dari jagung?  Bagi-bagi resep yuk, barangkali bisa nambah ide buat saya sendiri dan sahabat yang lain.


No comments:

Powered by Blogger.