Serunya Milad ke 6 Tapis Blogger, dimeriahkan oleh 50an Blogger dan Konten Kreator Lampung

September 17, 2022


Bulan Agustus menjadi bulan miladnya Tapis Blogger, salah satu komunitas penulis blog di Lampung. Pernah ada yang nanya “memangnya kelompok ini membuat tapis? Apa ada hubungannya dengan pengrajin tapis Lampung?” Xixi. Hehe saya pun menjawab, pengambilan kata tapis lebih kepada peruntukan ciri khas kedaerahan, karena kain tapis identik dengan Lampung, akan tetapi isi komunitas ini lebih didominasi oleh para blogger/penulis Lampung. Soal hubungan langsung dengan pengrajin tapis, ya ada kalau ada event tertentu semisal momen milad, seminar, pameran, dll.

Saya pribadi bergabung di komunitas ini tahun 2017 kalau tidak salah, atau tepat di tahun kedua. Saat itu saya baru beberapa bulan kembali menetap di Bandar Lampung setelah sekian lama stay di kota lain. Sepanjang gabung di komunitas keren ini, berbagai acara off air sudah pernah beberapakali saya hadiri, dan milad kali ini adalah milad kedua yang saya ikuti setelah Tapis Blogger vakum dari acara off air sejak pandemic dua tahun lalu.

Nah, sehubungan dengan Milad komunitas kebanggaan, Tapis Blogger menggelar seremonial di tanggal 4 September lalu bertempat di klik kafe, sebuah café nyentrik yang terletak di jalan Gele Harun Bandar Lampung.

Pagi-pagi di hari minggu yang cerah, saya mengeluarkan kendaraan menjemput salah satu founder Tapis Blogger, Mbak Fitri Restiana. Kebetulan saya berteman baik dengan beliau. Oiya, Tapis Blogger didirikan oleh empat emak-emak kece, yakni Mbak Naqiyyah Syam, Fitri Restiana, Izzah Anisa, dan Heni Puspitasari. Kesemuanya sudah dikenal sebagai blogger maupun penulis Lampung.

Tepat di pukul 09.00 acara dibuka. Mengusung tema Menjadi Blogger dan Content Creator Sukses di Era Digital, Milad Tapis Blogger 6 kali ini menghadirkan pembicara di sesi pertama diisi oleh mbak Ririn Handayani, Editor Seputar Lampung, salah satu portal/media online lokal. Dimoderatori oleh Mbak Fitri Restiana, diskusi berjalan seru. Mbak Ririn memberikan sedikit bocoran seputar tips singkat tulisan sesuai SEO:

1. Riset tema, cari bahan sebanyak mungkin

2. Sajikan sesuatu yang beda dan unik

3. Buat judul menarik dan padat keyword

4. Terus menulis sehingga terindeks di google




Keseruan milad tapis blogger 6, koleksi panitia


Selain itu Founder Tapis Blogger, Mbak Naqiyyah Syam melengkapi materi yang disampaikan oleh Mbak Ririn dengan materi bagaimana tulisan dapat mengikat pembaca. Mbak Naqi yang juga dikenal sebagai pemilik beberapa blog ini menekankan bahwa sekitar 500-1000 kata, yakni tidak terlalu pendek atau pun terlampau panjang. Selain itu gaya bertutur di blog harus menjadi ciri khas, sebab menulis di blog lebih luwes tidak seperti penulisan di media yang cenderung kaku atau layaknya penulisan jurnalisme.

Sesi kedua dilanjutkan dengan pemateri Admin Selampung dan Jarwo Songha seorang Youtuber. Sesi kedua makin seru lagi karena di moderatori oleh salah satu member Tapis Blogger yang dikenal friendly, rame dan gemar jalan-jalan kak Yandigsa. Saat materi mulai berjalan, Kak Jarwo memperkenalkan diri sebagai seorang guru sekaligus praktisi yang tengah menggeluti dunia per-Youtube-an sebagai Content Creator. Kak jarwo memberikan kunci sukses menjadi seorang youtuber kepada para peserta yakni mulai saja dulu dan konsisten. Sebelumnya tentu saja harus memikirkan terlebih dahulu konten/niche apa yang ingin serius di bahas, misal perjalanan/travelling, parenting, hobi menulis, dan lain lain.

Dihadiri sekitar 50-an blogger, penulis dan konten creator Lampung, juga perwakilan siswa beberapa sekolah di Bandar Lampung, milad Tapis Blogger turut dimeriahkan oleh kak Agung, perwakilan Smart Friend Community, dan ditutup dengan sesi sharing seputar Kain Tapis Lampung, Peluang Usaha dan Melestarikan Etnik Lampung oleh umi Nur Aini dari Thasya Etnic.

Acara ini petcah banget … alias seruuu! Dengan banyak didukung oleh berbagai pihak di antaranya, @smartfrendworld, @pariwisata_lampung, @dd.lampung, @klik.kopiid, @lazdai_peduli, @niagahoster.id, @dapoer_sulis, @meccadina.aeesha, @thasyaetnic, @hokben_id, @apikmandiri, @emaksr12, @nibrashousebandarlampung

Wow banyak banget ya sponsornya… Gak heran saya ikut kecipratan membawa pulang banyak hadiah, di antaranya kartu perdana smart friend, buku, paket berupa voucer perawatan kecantikan, voucer dunkin donat, masker kain kece dari thasya etnik, sebagai pemenang ke 2 lomba foto saat milad berlangsung. Saya mengunggahnya di IG pribadi @megamarlina14

Pulang dengan perut kenyang, dan banyak hadiah … sekali lagi saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Tapis Blogger ke 6! Sukses selalu dan selalu menginspirasi banyak blogger muda dengan konten-konten yang bermanfaat. Aamiin.

No comments:

Powered by Blogger.