Bagaimana Menjalankan Banyak Hobi dengan Happy

Punya hobi lebih dari satu itu bagi sebagian orang bisa jadi berkah, tapi kebalikannya juga berpeluang menjadi boomerang.  

Saya kebetulan salah satu pribadi yang punya banyak hobi, dan sampai sejauh ini ... I try to enjoy it.  Semua semata-mata karena saya ingin mensyukuri kelebihan yang Allah kasih, dan merasa bertanggung jawab atas segala potensi itu.  Oleh karenanya "kebisaan" itu harus dioptimalkan sebaik mungkin, apalagi menghasilkan karya yang bermanfaat bagi orang banyak.
  
Terlahir banyak kesukaan menurut saya bisa dibilang menyenangkan, sebab diri seolah gak kehilangan ide untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif.  Di satu sisi, ketika tidak bisa membagi waktu dengan baik, maka semua justru terlihat berantakan, kehilangan tujuan, kehilangan fokus.

As you know saya memiliki 4 hobi utama yakni menulis, membaca, menggambar, dan mengisi suara. Selebihnya saya suka olah raga khususnya berenang, namun sejak pandemi jadwal ke kolam renang praktis dicoret dari rutinitas.

Belakangan, waktu saya memang banyak tersita untuk empat kegiatan yang menjadi hobi sehari-hari tadi. 

Kegiatan menulis bisa dibilang sejalan dengan membaca, dan ini cukup memakan waktu jika dikerjakan secara bersamaan  terlebih jika berhadapan dengan DeadLine.  Sama halnya dengan menggambar.  Menggunakan aplikasi digital jika ada sebuah job yang dikerjakan, bisa makan waktu seharian.  Sedangkan rekaman voice bisa diselingi di waktu pagi atau menjelang tengah malam jika sikon mendukung.  Sebab take voice memerlukan suasana yang hening tanpa ganguan dari luar. Kebetulan saya belum memiliki ruangan khusus yang kedap suara di rumah.

Beberapa karya dalam bentuk tulisan dan ilustrasi

Saya kembali aktif menulis di tahun 2017.  Setelah sempat berkutat dengan pekerjaan mengarang saat aktif menjadi scriptwriter radio.  Menyusul belajar menggambar digital di tahun 2019, dan akhir-akhir ini merambah mulai menerima job kerjaan ilustrasi.  Sementara voice over baru setahun terakhir sebab CLBK karena pernah bergabung di radio pada kurun waktu 2002-2007.

Belakangan mulai mencoba memberanikan diri branding untuk ketiga kegiatan tadi di medsos.  Alhamdulillah untuk ketiganya walau hasilnya belum seberapa, sudah lumayan bantu-bantu nambah duit jajan anak. 

Apa rahasia agar semua hobi selama ini bisa sejalan tanpa kendala?

Duh walau bukan expert dibidangnya, izinkan saya bagikan di sini, syukur-syukur bisa menginspirasi buat semua.

1.  Prioritas

Buat saya kesemua hobi itu harus dijalani dengan penuh tanggung jawab.  Tanpa melupakan tugas utama as queen of house, semua hobi yang ditekuni apalagi yang berpeluang mendulang cuan harus dikerjakan dengan serius.  Hanya saja, buat saya ada prioritas yang mana yang harus didahulukan.  Kalau deadline menulis sudah dekat, maka saya prioritaskan menulis.  Sementara gambar dan voice over pun gak jauh beda.  Intinya yang mana yang dikerjakan terlebih dahulu, disesuaikan dengan tenggat waktu project yang tengah digarap.

2.  Tidak serakah menerima sembarang tawaran

Menulis, menggambar dan voice over, kesemuanya berpeluang mendatangkan cuan. Namun, buat saya pribadi ada beberapa pakem yang wajib dipegang teguh.  Intinya saya akan menerima proyek yang disanggupi dikerjakan dengan profesional, plus hasil karyanya bermanfaat buat orang banyak, juga tidak melanggar syariah.  

Terlebih jika diri sudah merasa diikat beberapa tawaran, kemudian datang peluang lain maka  tidak serta merta diambil jika merasa tak sanggup bekerja sesuai permintaan client.

Peralatan tempur as VOT

3. Try to Always Happy

Menjalani hobi yang dibayar itu mungkin keuntungan tersendiri buat saya pribadi. Sebab membuat saya menjalani semuanya dengan happy.  Tapi adakalanya sebagai manusia merasa overload, jadi yang harus diperhatikan adalah kontrol diri agar semuanya bisa enjoy, teratasi dengan baik, tanpa rasa terbebani.

4.  Peka dengan Diri

Masih berkaitan dengan point ke 3, kita lah yang paling paham batas kemampuan diri.  Jadi disiplin diri mutlak diterapkan. Kapan waktunya rehat sejenak or istirahat.  Masalahnya, kadangkala kita tidak menyadari tubuh sudah memberikan signal kelelahan. Nah ... Dalam hal ini perlu latihan mencermati diri sendiri. Jangan sampai semangat mengerjakan tugas membuat kesehatan drop. Saya pribadi paling sering memperingati diri sendiri agar terhindar dari rasa jenuh, stress, dan kelelahan. Semua dilakukan dengan bantuan schedule yang tertempel as post it, atau kadangkala note timer di HP.

5.  Keep in Touch to Expert and Friends

Meluangkan waktu berdialog dengan mereka yang ahli di bidangnya itu perlu.  Kalau saya pribadi sesekali menengok chat dengan teman sesama penulis atau teman-teman komunitas, baik yang suka dunia gambar atau sehobi dalam urusan voice over.  Dengan mengobrol santai saling balas chat di medsos atau WA sometimes membuat pemikiran tercerahkan dan kembali bersemangat.  

6.  Jangan malas latihan dan upgrade diri

Saya biasanya fokus menggambar di weekend jika tidak terkejar deadline apapun.  Waktu membaca atau menulis diluangkan minimal satu jam sehari di pagi atau malam hari dengan catatan jika tidak ada take voice.  

Upgrade diri itu penting sebab apapun yang kita pilih sebagai kesenangan senantiasa berkembang dan bikin penasaran jika terus digali lebih dalam. Upgrade diri ala saya biasa dilakukan dengan mengikuti pelatihan atau webminar sesuai bakat, kesukaan atau mengikuti challenge-challenge di medsos. Intinya jangan mudah berpuas diri, karena itu musuh untuk terus berkembang, sebaliknya menjebak diri dalam rutinitas yang menjemukan.


Ngoceh apa hari ini?


Sekarang giliran kamu bercerita tentang hobimu. Chat di bawah ya ... Barangkali kita ada yang sama kesukaannya 🥰🥰

6 comments:

  1. MasyaAllah Mbak Mega ini tulisannya bermanfaat anget buat Mila.
    Paling ngena baget di point 2, bahwa kita sebagai seorang Muslimah harus dan wajib berpegang teguh kepada nilai-nilai Syar'iah. Hatur nuhun ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun msh milah2 dan terus bljr mb. Ex: kmrn2 sempet kena sentil teman2 saat isi voice bank dan pajak. Padahal sll dakwah antiriba dan aturan islam. Kudu cermat milih produk hehe.

      Delete
  2. Memang super sekali ibu satu ini. Hobinya banyak dan bisa enjoy gitu ya. Saya juga hobinya banyak, dan sepertinya tips yg ini berguna banget nih.

    ReplyDelete
  3. Saya juga termasuk banyak hobinya. Hanya kalau dari karakter, sepertinya memang harus fokus. Hehe. Yg lain sekadar aja. Yg didalami harus fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Buat saya satu sama lain nenunjabg soalnya, mmg PR bs fokus itu yg berat

      Delete

Powered by Blogger.