Serunya Gabung di KVDAI

October 02, 2020


Bulan september 2020 menjadi istimewa sebab ini moment saya mulai mengenal dan tergabung di sebuah komunitas baru bernama Komunitas Voice Over, Dubber, Announcer Indonesia.



Penggagas KVDAI awalnya adalah senior kami Bang Anes Wibowo namun belakangan Bang Arief Budiman diamanahkan untuk mengelola aktivitas komunitas ini dengan tujuan agar lebih dinamis interaksinya.


Bang Arief Budiman sendiri merupakan salah satu announcer yang masih aktif siaran di radio Elshinta, Jakarta, juga dubber iklan-iklan komersial di media.  KVDAI berisikan para senior maupun pemula yang sangat tertarik terjun menekuni dunia olah vokal.  


Sejujurnya, buat saya pribadi ini sih bukan hal yang baru, sebab terhitung 2007 saya menggantung mic.  Tapi justru karena sudah lama pensiun dari dunia cuap-cuap itulah malah membuat saya awalnya malu-malu kucing untuk berinteraksi dan kembali mengeksplorasi diri.


Eh ternyata, komunitas ini justru bikin saya kembali bernostalgia dengan profesi lama beserta orang-orangnya, sekaligus mulai berlatih belajar mengolah suara dengan benar.  Senang? Tentu saja! Gak muluk-muluk pengen suara kembali didengar (umur kepala 4 mau ngapain lagi mak?  Haha ) dan mengisi pundi-pundi tabungan semata, tapi memiliki kesibukan baru yang menyenangkan untuk ukuran emak-emak rumahan itu ibarat suntikan semangat untuk terus berkarya.


KVDAI sudah meramaikan group di facebook saya, juga memberikan banyak peluang ilmu dan berbagi melalui group whatapps-nya.  Nyaris setiap hari ratusan notifikasi muncul berisikan obrolan seru seputar olah vokal.  Dan minggu ini KVDAI sudah memasuki pertemuan virtual yang ke 5 antar anggotanya.  Kalau di FB sih sudah sekitar 3K an membernya.


Khusus di WAG KVDAI punya jadwal sendiri terkait pembahasannya.  Setiap minggu dibagi jadi 3 tema + 1.


Senin - Selasa : Voice Over

Rabu - Kamis : Dubber

Jumat - Sabtu : Announcer

Minggu : Bebas

Minggu malam : Kopdar Virtual


Di pertemuan ke 4 Bang Arief as a founder, menghadirkan Om Rane Hafied dedengkotnya dunia kepenyiaran dan voice over.  Beliau banyak kasih ilmu yang isinya daging semua khsus untuk dunia podcast yang sedang happening.


Semalam di group WAG KVDAI menghadirkan Mieke Velma seorang youtuber dan announcer radio Indonesia di Jepang.  She give us a new perspectif seputar seni membawakan drama ala rakugo, sandiwara ala Jepang. Seru abis ... Semua member sesudahnya bisa menpraktekkan ilmu yang didapat di rumah masing-masing.


Di KVDAI itu asyik sebab saling mendukung karya masing-masing anggota baik berupa vlog, podcast atau rekaman dalam bentuk voice. Tiap hari semua orang bisa berdikusi dan memberi masukan karya dari para sahabat yang dishare di sana. Terkadang para senior kasih challenge juga dengan gift-gift seru sebagai penyemangat.


Akhirnya dari KVDAI juga saya menambah banyak teman dan terkait dengan kelompok pengisi suara lain, semisal indovoiceover, voiceovertalent indonesia, dll.  Nah, mereka ini kadang membuka peluang job, atau buat challenge-challenge seru yang bikin saya tertantang kembali berlatih dan terus berlatih mengolah suara, selain itu banyak hadiah menarik menanti tentunya. Emak-emak pasti seneng urusan ini mah hehehe. 


Btw, berkat gabung di KVDAI juga belakangan saya mulai kenalan dengan seluk-beluk podcast, juga teknik-teknik rekaman untuk menghasilkan suara terbaik. Kerennya, ternyata di era pandemi para teman yang berjibaku mengolah suara sangat berpeluang meraih rezeki dari rumah bermodalkan voice dan peralatan rekaman.  Banyak dari mereka mendapat order sebagai dubber iklan hingga pengisi narasi youtube.  Ah ... Rasanya nyesel deh kelamaan tertidur lama dari urusan ini hehehe. But better late then never ... Ye kan?


Semangat mereka ini yang belakangan saya tiru untuk tidak menyerah dan pasrah saja membiarkan talent yang dipunya terabaikan tanpa terasah. Hasilnya, gak cuma kesenangan tapi beberapa kesempatan mulai terbuka dan menghampiri untuk mengaet kerjasama.


Sekalipun berasa pemula lagi, sekalipun tak lagi muda but i feel so excited.  Kamu pengen gabung juga atau belajar mengolah vokal? Kepoin aja komunitasnya di facebook ya ....


#kvdai_lampung

#kvdai_184


Intip hasil saya latihan yuuuk!




4 comments:

  1. Masya Allah..keren, mbak. Aku jadi inget kata seorang pembicara di TVRI tentang skills yg bisa jd mats uang. Skill yg bisa ngasilin duit. Caranya, kata dia ya ..dg trus upgrade diri.

    Anyway, semangat mbak 🔥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mksh ... Semangat juga ya untuk aktivitas mb yoha

      Delete
  2. MasyaAllah, mba Mega emang keren. Semoga terus menginspirasi buat kita semua. Selalu senang lihat karya2 mba Mega. Melukis, menulis, skr olah suara. Sukses terus ya mba

    ReplyDelete

Powered by Blogger.