Cara Mengatasi Kebocoran Gas

June 09, 2020

Lagi posisi uenak rebahan usai menjemur pakaian, tiba-tiba indera penciuman menangkap bau menyengat yang khas.  Bau gas!

Sontak saya berlari ke belakang rumah bapak, sebab yakin ini bukan berasal dari dapur saya, karena tidak sedang memasak.  Benar saja, ternyata bapak sedang memanaskan sayur.  Secepatnya saya memutar knop ke kanan mematikan api. Lalu berjalan keluar sebab tabung gas bapak memang diletakkan di luar dengan melubangi tembok sebesar pipa gas.

Semua sudah panik, maklum aja ... pria yang ada di rumah cuma kakek-kakek (bapak) dan para bocah. Jadi, kalau ada apa-apa yang berhubungan dengan gas jika bukan saya, ART yang dipanggil untuk menghandle.

Teringat beberapa bulan lalu kasusnya sama, saya dibantu tetangga depan rumah dengan bantuan obeng menusuk bagian tengah gas.  Masalah pun teratasi.

Sumber : faktanews.com

Tapi, hari ini ternyata kasusnya lebih complicated, Mak! Udah dilakukan hal demikian, itu si tabung masih ngeyel terus mengeluarkan suara mendesis.  Maka, akhirnya meski rada deg-degan saya bawa itu gas kembali meminta tetangga untuk mengatasinya.  Eh .... entah kenapa, memang si tabung ini lagi bandel pengen terus bernyanyi.

Yo, wis akhirnya gak ada solusi lain berhubung memang sudah mau habis, gas dibiarkan saja di bawah pohon jambu di halaman rumah sambil ditutupi kain basah sampai isinya benar-benar habis.

Ada yang pernah mengalami hal yang sama, Mak? He he ... Jangan-jangan masang aja takut dan nyuruh suami.  Gak takut apa suaminya yang ikut meledak, eh! Nauzubillah ... Jangan dong ya.  Kalau mau belajar dan berlatih, sekedar masang pun gak seseram yang kita bayangkan kok.

Nah, kalau masang aja cemen 'cem mana mau berani mengatasi gas bocor? kasusnya ini lebih serius lagi. Tapi seperti yang saya ceritakan, kalau paham pun sama, gak seseram yang dipikirkan kok. Oke, saya jabarkan lagi cara menghadapinya biar lebih sistematis ya.

Langkah-Langkah menangani tabung gas yang bocor ;

1.  Don't panic

Panik menyebabkan akal buntu.  Nah, khusus buat emak-emak macam saya kudu terus berlatih mengatasi rasa takut tabung gas akan meledak. Jika kasusnya gas bocor demikian. Sekalipun bau sudah menyengat, jangan kabur! sebisa mungkin secepatnya matikan kompor.

2. Cabut regulator.

Jika api kompor sudah mati segera cabut regulator untuk memutus pemicu ledakan.

3.  Matikan lampu or segala peralatan listrik di dekat kompor karena aroma gas yang masih ada di dalam ruangan bisa memicu api yang menimbulkan kebakaran.

4. Buka semua ventilasi udara, jika tabung gas diletakkan di dalam rumah. Kebetulan tabung gas di rumah di letakkan di luar, jadi secara otomatis gas terbuang ke udara bebas.

4.  Bawa tabung gas yang bocor ke ruangan terbuka, misal halaman rumah, lalu tekan bagian knop yang menyembul di tengahnya menggunakan obeng untuk menghentikan bunyi gas yang mendesis.

5. Jika masih juga berbunyi kencang, bisa jadi ada sesuatu yang menyebabkan knop macet.  You can't do anything for that anymore, kalau saya sih pasrah taruh di luar rumah yang jauh dari aktivitas yang memicu terperciknya api baik dari listrik, korek maupun matahari.

6.  Sambil dibiarin di tempat adem di luar rumah, tutup dengan kain basah. Tunggu sampai gasnya habis.

Gimana? Gak takut lagi kan? Oya, ada baiknya kita juga kerap memeriksa regulator dan membersihkan kompor secara berkala untuk mencegah kemungkinan buruk yang diakibatkan.

Stay safe, semoga bermanfaat ya mak.  Selamat masak hari ini ...😍😍


No comments:

Powered by Blogger.