8 Kegiatan Seru Bersama Krucils Kala Social Distancing

March 29, 2020



Hampir dua minggu disibukkan dengan urusan domestik dan sekolah online karena wabah dunia virus korona membuat jadwal emak, mau gak mau melambat.


Saya harus pandai mengatur waktu sebaik mungkin sebab duo krucil di kelas berbeda.  Meski HP sebetulnya ada dua, namun salah satu saja yang diisi kuota dengan alasan berhemat.  Belakanganm musti lebih cermat mengatur keuangan, menimbang mana yang harus didahulukan sebab belum jelas kapan wabah ini akan berlalu. Sebisa mungkin mengikuti himbauan pemerintah untuk social distancing alias banyak stay di rumah, demi alasan keamanan, dan kesehatan bersama.


Yang namanya emak, maybe bisa tahan gak keluar seharian.  Apalagi saya termasuk tipe yang setengah-setengah kadang ektovert OK, sometimes introvert juga.  Masalahnya, anak-anak gak bisa disamain.  Dunianya mereka ya dunia bermain.  Pembatasan aktivitas seolah penjara baru bagi mereka. Bahkan baru beberapa hari saja anak-anak mulai ngeluh bosan! Kapan soh sekolah?! Padahal kalau sekolah juga kadang teriak jenuh minta libur ... hahaha


Nah, sebagai ibu harus terus putar otak, mencari kegiatan di rumah yang bikin mereka lupa waktu.


Apa saja sih aktivitas saya bersama anak-anak selama ngendon di rumah?


1. Olahraga di sekitar halaman rumah


Adek dengan tali skipping

Sekalipun acara bermain di luar dan jalan-jalan dibatasi, bukan berarti tubuh dibiarkan kurang gerak tak tersentuh matahari.  Biasanya saya main bola dengan si lanang, bisa juga dengan skipping bareng di teras atau halaman rumah pagi or petang hari.  Bagaimana dengan bulu tangkis? Kalau keadaan angin memungkinkan, biasanya kami juga kerap bermain badminton bersama.  Olahraga bareng bukan hanya membuat tubuh sehat tapi ajang bounding ortu dengan anak. Dengan catatan gak keluar pagar alias masih di sekitaran halaman rumah.



2. Mewarnai Bareng

Ini sih kesukaan adek Feera, si-bungsu kesayangan.  Itung-itung melemaskan jari dan melatih keterampilan mewarnai, corat-coret krayon di atas kertas gambar juga asyik dilakukan dan menolong diri dari "mati gaya". Kadangkala adek yang menggambar, mewarnainya saya bantu, atau saya yang membuat gambar sketsa-nya, lalu diwarnai bersama.


Khusus diliburan kali ini hasil karya mereka saya pajang di dinding untuk menyemangati anak-anak agar semangat berlatih terus mengasah motorik halus dan ketekunan.



Hasil kami mewarnai bareng

3.  Buat cemilan

Meski memasak bukan keahlian saya, membuat pancake, bakwan, puding atau martabak mini emak masih bisa kok.  Cemilan simple ini kerap di request krucils manakala bosan hanya bermain atau duduk  di depan TV.


Sesekali saya melibatkan anak-anak, misal menuangkan tepung, sekedar menaburi keju atau mengocok telur dengan garpu.  Seru-seruan di dapur bersama anak-anak juga asyik, apalagi jika ditutup dengan momen mencicipi hasil kreasi bersama 😅



4.  Bernyanyi di Joox dan Joget Salsa

Wah ... ini sih kesukaan saya dengan si kecil juga.  Mantan anak radio, rasanya 100 persen jauh dari musik masih rada berat.  Bahkan kalau di rumah bersama adek, urat malu mah udah ilang sebab emak bisa bergaya suka-suka. Selain fun, tubuh kadang jadi mandi keringat off course its means our body move...



5.  Mendongeng




Yang sering denger rekaman dongeng saya di facebook mungkin sudah paham, kalau memang ini menjadi salah satu kegemaran kami bersama. Rekaman dongeng itu seru lho You must try it.  Cara buatnya pernah saya bahas di sini. Serunya Mendongeng Ala Kami



6.  Main permainan kreatif

Sesekali boleh ngintip ide kreatif bermain bersama krucil, di google buanyak asal mau dan dipraktekkan bersama. Bisa memilih percobaan sederhana semisal bermain musik dengan gelas dan sendok, ular tangga, monopoli, seni lipat kertas, dsb. Kalau kemarin sih kami mencoba membuat lapangan bola dari kardus, dan saya memainkannya dengan si sulung menggunakan kelereng dan stik ice cream.  Lumayan sebagai pengusir rasa bosan.


7. Ikut kelas online cerita khusus anak-anak

Kebetulan karena emaknya ikut group WA beberapa penulisan, anak-anak saya tawarkan mengisi waktu malam dengan belajar membuat cerpen, khususnya bergenre cerita anak.  Gayung bersambut, mereka bersedia, maka mulailah duo kerucils belajar di hari dan jam yang ditentukan ... ya lumayan lah untuk menimba pengetahuan mereka seputar literasi sekaligus menambah teman baru. Beberapa komunitas literasi yang kerap mengadakan kelas cerita anak maupun ilustrasi buku antara lain Rumpun Aksara dan Wonderland Family



Serius mengikuti kelas wag cernak

8. Tetap Kejar Target Ibadah harian

Meski saya tempatkan di akhir, bukan berarti gak penting. Justru ini yang seharusnya diutamakan sebelum ketujuh hal tadi.  Kenapa saya taruh di akhir? sebab rasanya ini bukan cuma pengisi waktu luang saja melainkan kegiatan wajib yang semestinya diletakkan sebagai prioritas.






***

Mostly, itu kegiatan saya bersama ananda selama libur wabah korona ... semoga di antaranya bisa menjadi referenasi untuk emak.

Nah, sekarang gantian dong, Mak ... giliran kalian yang cerita selama social distancing ngapain saja bersama anak-anak di rumah? Siapa tahu juga menambah alternatif kegiatan yang bisa saya lakukan.


Boleh dong dishare di kolom komentar ...


Stay health and stay safe ya ...



🏡🏡🏡🏡🏡


No comments:

Powered by Blogger.