Mengintip Keindahan Pesona Alam Cibiah

Search This Blog

Friday, February 21, 2020

Mengintip Keindahan Pesona Alam Cibiah



Kalau bosan dengan view kolam renang ala waterboom datanglah ke Cibiah.  Di sana kalian akan disuguhi kolam bernuansa alami, gemericik air yang mengalir deras dengan view bebatuan yang ditata apik seolah menyatu dengan alam.


Pesona Alam Cibiah Nan Asri


Pagi-pagi sekali saya and the gank meluncur dalam rangka hunting lokasi untuk plan acara FOSIS --semacam komite wali murid sekolah anak--.  Rencananya kami akan menjelajahi dua tempat dalam sehari, yakni Pesona Alam Cibiah dan Taman Alam Wiragarden.  Kebetulan dua tempat ini lokasinya tidak berjauhan.

Hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota.  Berkendara ke arah Sukadanaham menyajikan track jalan yang menurun dan menanjak curam.  Meski kondisi jalan relatif bagus, diperlukan kehati-hatian dan konsentrasi penuh agar tidak tergelincir.  Terlebih jika medan seharian habis diguyur hujan.


Sempat menahan liur ketika jejeran lapak durian dilewati.  Maklum saja, ini memang sedang musimnya, dan Sukadanaham sejak lama juga dikenal sebagai daerah penghasil buah berduri yang berdaging lezat itu.


Baca juga : 

Berhubung misi kami lebih penting, niatan terbersit ingin bancakan duren diurungkan.  Mobil yang saya kendarai terus menanjak naik.  Tak jauh setelah melewati kebun binatang dan waterboom Bumi Kedaton, tepat di sebelah kiri jalan terlihat papan petunjuk bertuliskan "Pesona Alam Cibiah".


Pintu masuk pesona alam Cibiah

Actually, kita belum sampai sepenuhnya, ini baru simpang menuju kolam renang alam terbuka.  Jangan kaget ketika tiba-tiba jalan aspal menyempit dan disuguhi track menurun dengan kemiringan lebih dari 45 derajat.  Wiiih ... Super deg-degan lah supir dadakan ini. Hehehe.

Untungnya saya pakai mobil matic, kontur jalan begini sih gak masalah, hanya saja sebagai sopir yang terbiasa rute landai dalam kota,  saya jelas masih diragukan kemampuannya dalam menaklukkan medan curam seperti ini 😅


Alhamdulillah dibantu doa, sayapun lolos meraih predikat supir medan ...


Maju beberapa puluh meter setelah turunan, kami tiba di lokasi.


Sejuk. Itulah  kesan pertama saya ketika tiba di sana.  Kolam renang dengan air mancur ini terletak di daerah perbukitan Jl. Wan Abdurrahman, Sukadanaham, Teluk Betung. Bandar Lampung.


Tempatnya sih sebenarnya gak begitu luas, berdiri di lahan sekitar 3 hektaran saja.  Namun dengan penataan yang apik, cukup memberikan nuansa berbeda bagi pecinta olah raga air, tak terkecuali saya.  Gemericik air yang mengalir, ditambah suasana alam pegunungan membuat hati terasa tentram.  



Kolam utama berkedalaman 120cm

Terdiri dari tiga kolam buatan.  Kolam utama berkedalaman 120cm.  Sedangkan kolam yang lebih kecil berkedalaman  60cm.  


Tempat ini sebetulnya milik perorangan yang dibuka untuk umum.  Tiket masuk dikenakan biaya 15K per orang, parkir kendaraan tidak dihitung. Buka setiap hari sejak pukul 08.00 pagi hingga menjelang magrib.  Di dalamnya sudah dilengkapi dengan fasilitas tempat bilas, mushola dan aula berkapasitas 20-50an orang.  


Menurut sang penjaga kolam, dulunya tempat ini juga berfungsi sebagai penangkaran satwa liar.  Sayangnya, saat kami ke sana beberapa koleksi binatang di penangkaran Cibiah sudah di alihkan ke taman wisata Lembah Hijau sebab mereka kekurangan SDM yang khusus memelihara para hewan.  Maka jadilah kami hanya berfoto sambil duduk-duduk menikmati makanan ringan yang dibawa sebagai bekal perjalanan.


Sengaja juga tidak membawa baju renang, karena memang niatnya hanya meninjau.  Maybe lain kali akan kembali membawa pasukan kecil saya untuk menjajal kesegaran airnya atau sekedar berlomba kecepatan dengan si sulung.


Tak terasa hampir satu jam kami di sana, walaupun sebenarnya betah, namun perjalanan harus dilanjutkan ke destinasi berikutnya, Taman Alam Wiragarden.  


Buat saya sih, tempat ini sangat rekomended sebagai alternatif pilihan keluarga di akhir pekan.  Terlebih bagi yang terbiasa mengisi quality time dengan berenang atau bermain air.


Jangan lupa menyiapkan perbekalan dan makanan secukupnya dari rumah jika ingin kemari, sebab di lokasi tidak ditemukan tempat makan atau sejenis warung/kafe yang menyediakan aneka penganan pengganjal perut.



Jika berminat menggunakan tempat ini untuk kegiatan rombongan, kalian bisa menghubungi nomor 0853-5548-2131.



View kolam alami cibiah dengan air mancur buatan



25 comments:

  1. Weits 3 hektar sudah bisa bikin tempat yang apik begini. Suka dengan pemandangan dan kolamnya juga.

    ReplyDelete
  2. Iya mb tempatnya gak begitu luas, tapi lumayan tertata apik 😘

    ReplyDelete
  3. wah suasananya sangat asri sekali ya kak. cocok untuk wisata sekeluarga. terima kasih ulasanny kak ^^

    ReplyDelete
  4. Saya penasaran dengan wujud 2 kolam lagi Bu. Kalau melihat pemandangan dari foto yang ada, sepertinya sepi ya Bu? Lalu airnya dari mata air atau bagaimana Bu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua kolam yg di belakang kami berfoto, itu lagi dikuras, luasnya paling hanya 3-4 meter aja, cuma buat berendam. Iya kalau hari biasa sepi. Hanya ramai ketika weekend. Air dari sungai terdekat dipompa dan di alirkan ke kolam.

      Delete
  5. Iiih, view-nya bagus ya? Judulnya bukan kolam renang biasa ini sih. Kalau ada tempat makannya lebih mantap ya Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kolam air sungai alami ini mb, mmg sayangnya blm dilengkapi tempat makan.

      Delete
  6. Ini di Bandar Lampung, ya? Tempatnya masih asri, ya. Sejuk dan bagus juga pemandangannya. Anak-anak pasti suka diajak ke sini.

    ReplyDelete
  7. Asri banget mba. Kalo ngeliat warna air kolam, kayanya ngga berkaporit ya mba? Cocok itu buat ajak anak bayi ikut renang hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pake kaporit mb, asli dialirkan dr sungai airnya

      Delete
  8. Masih asri banget view nya,, cocok jadi tempat acara keluarga,, coba ada tempat makan or cafe tambah mantep tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kelemahannya gak ada tempat makan di dalam. Jd hrs bawa bekal dr luar

      Delete
  9. cantik tempatnya ya mbak, asri pula bisa betah disitu apalagi ada kolamnya bisa bawa bocah mandi hihihi.

    ReplyDelete
  10. Orang Jakarta kalau lihat pemandangan kayak gini auto mupeng, habis saban hari yang dilihat aspal sama betomln.

    ReplyDelete
  11. Warna air kolamnya kok hijau ya, baru ini saya lihat yang begini. Jadi seperti bukan kolam renang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hijau krn lantainya semen biasa n di cat mb, bukan keramik.

      Delete
  12. Oalaaah ini ada di Lampung ya ternyata, aku kira ada di seputaran Jawa Barat karena namanya Cibiah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixi di lampung mb, iya namanya mirip2 bahasa jawa barat ya

      Delete
  13. Wah segar benar ini...ada kolam dan sekelilingnya masih asri. Pasti anak-anak bakal hepi diajakin ke sini. Kalau untk fasilitas di sekitar juga sudah lengkapkah mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengkap, hanya tempat makan aja yg belum tersedia, jadi hrs bawa makanan dr luar mb

      Delete
  14. Kolam renang alami gini lebih asyik menurut saya. Apalagi udaranya yang sejuk, viewnya yang asri begini, murah pulah tiket masuknya. Sayangnya jauh di Lampung.

    ReplyDelete

Popular Posts

Viewer

Followers