Facebook  Twitter  Instagram

Cara menghias dan Membuat Logo Blog Ala Mega


Saat mulai ngeblog lagi, sudah terbersit keinginan harus bisa membuat logo sendiri. Pantang minta tolong atau bahkan membayar jasa orang lain.  

Harap maklum bukannya sombong, untuk orang yang doyan menggambar seperti saya ... pamali kalau sekedar logo pun dibuatin.  Secara, taste dan tingkat kepuasannya juga beda ketika karya sendiri menghias blog pribadi.

Masalahnya, dulu saya belum paham mrmbuat gambar secara digital. Sebelumnya hanya betmain di kanvas dan kertas gambar manual.  Namun belakangan, setelah ikut kelas ibispaintx dasar, akhirnya pelan-pelan mencoba bereksperimen, mengerahkan daya upaya untuk membuat logo sesuai selera.


Untuk logo seperti di blog ini, saya memadukan dua program yaitu ibispaintx dan gif edit maker video.

Langkah awalnya kalau kalian belum familiar menggunakan ibispaintx, intinya secara global program ini digunakan untuk membuat gambar digital dengan cara layer per layer. Jadi, jika ada yang salah, tinggal edit lembaran yang salah saja, tidak perlu mengoreksi gambar secara keseluruhan.


Jangan khawatir, ibistpaint mudah kok penggunaanya.  Kalian bisa belajar pelan-pelan mulai dari penggunaan tools dasar sekaligus contoh aplikasinya dengan buka youtube ketik "cara penggunaan tools ibispaintx" atau "tutorial ibispaintx pemula", banyak tutorial tersedia di sana.

Kalau sambil dipraktekkan, gak sampai seharian kalian minimal sudah bisa menggunakannya dan bekerja ala ilustrator.

Nah, khusus untuk logo "celoteh mega" saya menggunakan size kanvas 1500*500, jenis kuas yang dipilih dip pen kasar, dip pen halus, dan lingkaran dengan memperhatikan pengaturan mematikan setting "paksa pudar" untuk mengatur ketebalan kuas di awal dan akhir goresan.  

Masing masing layer di kerjakan terpisah antara kerudung, mata, kacamata, bibir, shadow, dan text.

Setelah  fix gambar disimpan boleh dalam format PNG atau JPEG.

Langkah selanjunya, buka program gif edit video maker, ambil gambar tadi dari galeri. Lalu klik decorate. Cari efek bintang yang berkilau, atur posisi dan kecepatannya.  Kalau sudah jadi sesuai selera, file di simpan.



Langkah terakhir memasukkan gambar yang sudah di design ke blog.

Caranya?  Mudah banget kok, berhubung saya pengguna blogspot, maka harus masuk ke desktop blogger dulu.  Lalu pilih tata letak.

Cari setelan tajuk, lalu masukkan gambar -- kolomnya ada di bawah deskripsi blog--. Atur penempatan gambar sesuai keinginan. Di sini saya memilih setelan keterangan setelah gambar.


Sampai di sini pemasangan logo selesai.

But wait kalau kalian lihat bilah sisi kiri ada tulisan "welcome to www.megamarlina.com" yang seolah menggunakan efek flash text.  Pengen tahu cara buatnya gimana?


Ini sih hampir sama bahkan lebih sederhana. Hanya di program ibis paintx tadi dibuat dengan memilih layar hitam tulisan putih menggunakan margin center.  Atur jenis huruf dan ketebalan yang diinginkan dalam tool text  Gambar di pecah dan save menjadi tiga masing-masing "welcome", "to", "www.megamarlina.com".

Buka gif edit video maker klik foto lalu pilih ketiga foto tadi. Klik play atau dicoba di putar layaknya slide/video yang menampilkan tulisan secara bergantian.  Atur kecepatan.  Lalu simpan.


Untuk menampilkan di bilah sisi atas sama seperti mengganti logo.  Kalian tinggal masuk ke tata letak, lalu klik tambahkan gadget dan gambar.  Masukkan file gambar tadi kemudian klik tombol simpan.

Gimana? Mudah kan?

Selamat menghias blog kamu 😍😍

28 comments:

  1. Wah hasilnya keren ya.. Logo saya biasa banget.. hehehe.. Mungkin saya bisa coba bikin pakai aplikasi ini.. Makasih y mba buat infonya..

    ReplyDelete
  2. Gemes euy, aku malah belum pernah nyoba2 menghias blog kayak gini. Udah lempengg aja cuma nulis sama foto. Kapan-kapan pengin nyoba belajar ibispaint deh. Kayaknya banyak yang rekomendasiin buat pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gampang kok makenya ... Selamat mencoba 😍

      Delete
  3. keren banget mbak... Boleh dicoba nih kayaknya gak ribet juga ya hihihi. Makasih banyak sharngnya mbak jadi tambah ilmu lagi ...

    ReplyDelete
  4. Asyik ya bisa disain-disain sendiri gini :D
    Pengen juga nih bikin logo blog yang paten tapi buatan sendiri, biar lebih puas.
    Kalau bikin sendiri, meski tampilannya amburadul, tapi lebih asyik aja hahahaha

    ReplyDelete
  5. Nah, itu dia. Pas saya lihat headernya. Sempet mikir gimana ya cara bikin yang gitu. Ternyata dibahas pakai ibis paint diposingan ini, makasih sharingnya.

    ReplyDelete
  6. Wah, keren. Tapi saya bisanya diajari langsung kyknnya biar gak bingung... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixi harus pelan2 mmg mb, dl sy mikirnya gitu mknya sempetceagu ikut kelas2 gbr di wag, tnyata bisa juga tp ya itu dipelajari pelan2.

      Delete
  7. Luar biasa mba Mega. Keren banget. Jadi mikir klo ke WP gimana ya huhu

    ReplyDelete
  8. Harus dicoba ini ilmunya. Alhamdulillah, kmrn juga sempet ikutan training ibispaintx. Semoga bisa cetar spt punya mbak mega

    ReplyDelete
  9. Mbak, pas pengin ganti logo blog saya. Makasih sharingnya. Semoga tutorialnya bisa say ikuti..soalnya geptek saya ini hihih

    ReplyDelete
  10. Mbak, pake ibisnya menggunakan pena gak? Kalo hp android biasa gak bisa buat gambar ya? Oh iya, logo itu bisa pake slide ya Mb? Saya pikir cuma bisa gambar aja. Atau tergantunh tema juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini saya murni pake jari say via hp andoid, gak pake stylus. Logo bs pake slide 😘

      Delete
  11. Pakai ibispaint bisa juga ya ternyata. Saya biasanya bikin header pakai canva. Gambarnya coba ambil dari png free. Nggak bisa gambar sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bisa, kalau buat sendiri lebih puas biar jelek juga xixixi ....

      Delete
  12. Jadi header blog itu bisa ya pake file GIF? Kirain cuma bisanya pake gambar statis alias file JPG/PNG biasa.

    Saya baru tahu ini mah.

    ReplyDelete
  13. Wuihh, kreatif banget nih mbaa. Aku pengen deh bisa coret-coret nikin animasi kayak gini, tapi pas nyobain kok gak oke ya hasilnya wkwk

    ReplyDelete
  14. tinggalin jejak dulu ah.. penting bgt ini buat blogger. Thanks sharingnya ya

    ReplyDelete