Sosialisasi Amazing Quran dan Program Unggulan Cinta Quran Foundation


Senin pagi, salah satu guru sekaligus wali murid sekolah anak japri WA menanyakan kesediaan saya menghadiri undangan ramah tamah bersama Ustad Fatih Karim mewakili FOSIS Insantama --semacam kumpulan wali murid atau komite sekolahnya anak--.  

Wah, dalam hati bilang ini rezeki dapet event istimewa! Sebab kesempatan interaksi, menyerap ilmu dan berdialog langsung dengan sang guru tentu terbuka lebar.  Kebetulan hari itu pukul 12.00 gak ada planning mendesak yang harus dikerjakan.  So pasti tawaran disanggupi dengan senang hati.

Tepat bada zuhur saya sudah duduk manis di front office Rumah Kayu menunggu dua sahabat yang sama-sama mewakili sekolah.  Sesuai dugaan, ini forum terbatas. Sebab undangan memang gak lebih dari 30an orang.  Rata-rata pesertanya mewakili komunitas tertentu seperti pengurus majelis, para ustad, perwakilan majelis taklim, instansi swasta atau pendidik di sekolah-sekolah islam di Bandar Lampung.


Sempat bertanya-tanya ini acara formatnya kajian atau bagaimana?

Meski sempat molor agak lama, akhirnya sang guru hadir di tengah-tengah ruangan.  Namun karena timingnya  tepat saat makan siang, Alhamdulillah ... kami dapat rezeki lagi dijamu makan berat dengan menu ala resto Rumah Kayu.  Sttt ... ada gurame goreng saos mangga dan capcay lho, ini sih favorit saya .... nyam!



Usai makan, acara dibuka oleh MC dan belum apa-apa audiens sudah dibuat tercengang oleh penampilan Om Cupink Topan sebagai bintang tamu. Siapa sangka, penampilan pria gimbal asal Timur Indonesia yang seolah gak mempresentasikan islam sama sekali ini, MasyaAllah suaranya ternyata sangat merdu dalam menyampaikan kalam illahi.  Saya sangat malu hati sekalis terpesona, bahkan kalau dibawa baper bisa menitikkan air mata mendengar merdunya ia bertilawah. 

 Sosialisasi Program Cinta Quran Foundation

Akhirnya tujuan kami berkumpul terjawab sudah saat Ustad Fatih Karim mulai menyapa. Intinya beliau melalui Cinta Quran Foundation yang didirikannya tengah mengadakan roadshow ke beberapa kota di nusantara untuk mensosialisasikan beberapa program unggulan dalam rangka syiar islam di tanah air.  Nah, dalam dua hari ini giliran beliau mengunjungi Propinsi Lampung, tepatnya kota Metro dan Bandar Lampung.

Serangkaian acara Roadahow AQ di Bandar Lampung
Oleh karena waktunya yang terbatas sebab hanya dua hari senin dan selasa, sementara hari itu acara sudah dimulai di beberapa tempat, maka saya hanya sempat membantu dengan menebar informasi melalui facebook.

Selanjutnya, saya terpanggil untuk menuliskan lagi beberapa program yang sempat ustadz jelaskan di acara ramah tamah kemarin.

1.  Event Amazing Quran "Cahaya Islam dari Timur"





Semacam program off air yang dikemas sedemikian rupa menampilkan perjalanan dakwah di Bagian Timur Indonesia.  Acara berlangsung tanggal 15 Desember, bertempat di Granada ballroom Menara 165, Jakarta.  untuk info pemesanan tiket, reservasi acara dll bisa di cek di IG CQ Foundation.


Oya, sudah barang tentu acaranya bakal menarik, sebab akan dihadiri pula oleh para gurunda favorit seperti ustad Fatih Karim, Haikal hasan, Dasad Latif, dll.

2.  Indonesia Bisa Baca Quran (IBBQ)

Berangkat dari keprihatinan bahwa realitasnya masyarakat muslim di Indonesia yang meski mayoritas namun notabenenya sekitar 53%-nya tak bisa baca quran, maka CQ Foundation berusaha memecahkan masalah ini dengan program IBBQ.



Ini semacam pelatihan bimbingan baca quran yang diberikan secara cuma-cuma dengan metode khusus yang membuat para peserta buta hijaiyah bisa baca quran dalam sehari sekalipun terbata-bata.



Lembaga ini akan menerjunkan langsung para guru ke daerah-daerah yang diminta untuk mengajar baca quran.  Syaratnya, minimal penduduk lokal mengumpulkan 30an peserta, yang nantinya menghubungi petugas CQ Foundation.

Bagaimana dengan akomodasi dan honor para guru yang datang?

Jangan khawatir,  semuanya gratis karena CQ Foundation sudah memiliki dana khusus untuk berdakwah yang didapat dari para donatur. Tugas kita hanya mengumpulkan peserta, memastikan tempat dan waktu, dan menghubungi narahubung yang ditunjuk oleh CQ Foundation untuk wilayah Lampung.

3.  Cinta Quran (Waqaf Quran)

Masih dalam rangkaian IBBQ, maka program waqaf quran adalah membagikan quran secara cuma-cuma alias gratis bagi ummat muslim yang membutuhkan di seluruh penjuru nusantara.  

4.  Kajian Perkantoran dan Majelis Cinta Quran

Juga sejalan dengan IBBQ, intinya CQ foundation membuka kesempatan bagi ummat yang ingin mengadakan kajian islam dan berkeinginan mendatangkan para asatid dari Jakarta seperti Ustad Fatih karim sendiri, Hannan Attaki, dkk.


Lagi-lagi semuanya diserahkan kepada masing-masing daerah dan ghirah para pendakwah lokal dalam menggerakkan massa.  

***

Sempat membatin, tentunya mereka membutuhkan dana yang tidak besar dalam mewujudkan impian besar itu.  Walau bagaimanapun dakwah membutuhkan amunisi yang tak sedikit. Apalagi, dengan tenangnya Ustadz Fatih Karim mengemukakan kalau para ustadz yang datang dari jauh dan honor sama sekali tidak dibebankan kepada peserta alias gratis.

Bagaimana mungkin semua bisa terlaksana? ternyata jawabannya terungkap saat saya membuka dan membaca pelan-pelan official website dan IG CQ Foundation.

Nah, jika sahabat muslim ingin ikut berperan sebagai donatur tetap, maka silahkan menginfakkan sebagian harta di CQ Foundation.  Caranya tinggal klik donasi dan konfirmasi sebagaimana langkah-langkah yang tertera di sana.

Kesimpulannya dalam dakwah ini peran kita mampu melakukan yang mana?
1.  Menyebar informasi dalam rangka syiar islam
2.  Mengumpulkan peserta sedaerah yang sama-sama ingin mencari ilmu dan berdakwah, atau
3. Sebagai donatur tetap?

CQ foundation membuka seluruh peluang untuk saling berpegangan tangan mencintai dan menegakkan islam sebagai rahmatan lil alamin.

Oya, untuk narahubung wilayah Lampung dengan program-program CQ Foundation tersebut bisa menghubungi ustadz Agus di nomor 08131484 8874.  

Semoga Allah memudahkan dan merahmati setiap gerak langkah kita dalam menolong agamaNya ... Aamiin

Informasi selengkapnya :

CQ Foundation
Jl. Parikesit Raya 35-37, Indraprasta
Bantarjati Bogor, Indonesia

  • Senin - Jumat 08:00 - 17:30 WIB

WEB :   www.cqfoundation.or.id 
IG      :  cqfoundationid






Komentar

  1. Menarik sekali Mbak program Indonesia Bisa Baca Qur'an, udah sampe ke daerah Jawa belum ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah menasional ini mb, coba buka webnya. Rata2 kota2 besar di jawa sdh didatangi

      Hapus
  2. Suka deh dengan berbagai programnya. Apalagi yang membaca al quran itu. Di lingkungan saya pun masih ada yang kesulitan membaca Al Quran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mmg problem umat islam di tanah air msh 50an persen blm bs bc quran. Hiks

      Hapus
  3. Semoga berkah, dengan hadirnya program2 ini semoga banyak teman2 yg hijrah kembali ke Qur'an dan Hadis, lebih cinta tidak hanya Membaca Al-Qur'an saja tapi juga meng-kaji isinya :)

    BalasHapus
  4. Subhanallah, semoga mencakupi seluruh wilayah di Indonesia ya mba, karena miris juga sekarang pada pegang hp aja

    BalasHapus
  5. Bagus programnya ya. Nanti kucoba cek di webnya juga. Malang sdh masuk belum ya

    BalasHapus
  6. Sepertinya aku akan hadir di event Amazing Quran, aku kepoin programnya lebih lanjut aaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mb, aku kayaknya gak bs yg tgl 15 des jauh soale di jkt, heu .. heu

      Hapus
  7. Maa syaa Allaah, mantap sekaki program dari Cinta Quran Foundation ini. Semoga semua programnya bisa berjalan dengan lancar ya

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah program yang bagus, ingat pengalaman waktu kuliah semester 2, hanya sekitar 50% yang bisa baca Al Qur'an dan 50% dari yang bisa, baca Al Qur'an dengan terbata-bata

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah program yang bagus, ingat pengalaman waktu kuliah semester 2, hanya sekitar 50% yang bisa baca Al Qur'an dan 50% dari yang bisa, baca Al Qur'an dengan terbata-bata

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Emirate, Sensasi Mandi dengan Daun Sejuta Manfaat

Mengintip Peralatan Wajib Penyuka Seni Lukis

Milad 3 Tapis Blogger Lampung, Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi