Minggu, 01 September 2019

Milad 3 Tapis Blogger Lampung, Mencintai Lampung dengan Narasi dan Fotografi


Belum lama sebenarnya sebagai blogger saya bergabung dalam komunitas Tapis Blogger www.tapisblogger.com.  Hari ini di milad yang ke tiga sekaligus merupakan kali ketiga saya mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas ini setelah acara Launching buku Hafidz Rumahan dan Arisan Ilmu yang di gelar beberapa waktu lalu.

Dibentuk tahun 2016 oleh empat penulis ciamik Mba Naqiyyah Syam, Fitri Restiana-yang lebih dikenal dengan #penulisbahagia, Heni Puspita dan Mba Izzah Annisa- sang penulis cerita dan komik anak, Tapis Blogger terus berkembang sebagai wadah tempat berbagi ilmu sekaligus informasi seputar literasi dan blog di wilayah Lampung.

3 Srikandi Founder Tapis Blogger minus Fitri Restriana

Kenapa saya selalu antusias mengikuti kegiatan komunitas ini? Sebab hampir di setiap acaranya selalu bergizi dan sangat sarat informasi dan ilmu yang harus dikuasi para blogger, bisa dalam hal penulisan, video dan pic editing, trik fotografi, info lomba, hingga komunitas sesama blogger.

Tahun 2007 saya sebenarnya mengenal blog pertamakali dengan menggunakan alamat ainamq.multiply.com dan ainamq.friendster.blogspot.com, mungkin jauh lebih dulu dari para blogger lainnya.  Namun, baru sebentar ajeg dalam aktivitas menulis kedua situs tersebut menghilang dari dunia maya.  Bahkan sebelum saya mengetahui bahwa menjadi blogger itu asyik jika tergabung dalam komunitas sejenis dengan segudang benefit baik non materi ataupun secara isi kantong.  Ini yang menyebabkan saya sempat stag dan tidak lagi menulis. Dulu saya merasa menjadi blogger itu nggak seru sebab tulisan gak memiliki pembaca yang jelas dan jarang dikunjungi orang lain.

10 tahun bisa dibilang tidur yang panjang untuk perjalanan menulis dalam hidup saya.  Tepat di tahun 2017 saya seperti terjaga.  Saat ini selain aktif di beberapa komunitas literasi, saya juga sesekali menulis di blog pertama yakni www.meganewproject.blogspot.com selain blog megamarlina.com.  Keduanya adalah blog tetap yang selalu saya isi dengan tulisan-tulisan berupa aktivitas keseharian meliputi hobi, pemikiran dan review beberapa buku dan produk.  Untuk sementara segmennya masih lebih kepada lifestyle seorang emak-emak yang mencintai literasi dan seni lukis.

Milad 3 Tapis Blogger

Tepat pukul 08.00 pagi saya tiba di Warung Sudirman, Pahoman Bandar Lampung khusus untuk acara Milad 3 Komunitas Tapis Blogger. Kali ini acaranya mengangkat tema Mencintai Lampung dengan narasi dan fotografi.


Walaupun sempat molor dari jadwal dan mulai di pukul 09.30, tak masalah bagi saya karena sambil menunggu acara dimulai diisi dengan senda gurau dan perkenalan dengan beberapa anggota Tapis Blogger lainnya yang belum seluruhnya dikenal.  Senang rasanya bisa kopi darat dan bertukar sapa secara langsung dengan para kakak maupun adik-adik yang memiliki kesamaan minat dalam dunia tulis-menulis.

Setelah acara dibuka dengan sambutan oleh kadis Pariwisata Provinsi Lampung yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Arief Nugroho, dilanjutkan dengan Ketua Tapis Blogger Naqiyyah Syam.

Games awal membuat peserta makin melek berkat kolaborasi MC Desi dan Novry yang memandu senam konsentrasi guna melatih fokus peserta sebelum materi dimulai.  Hasilnya? Harap maklum emak-emak kepala empat selalu kalah mengerahkan konsentrasi dibandingkan anak muda. Tak heran tak satupun Doorprize sponsor dibawa pulang.😂

Dikerjain MC
Senam konsentrasi
15 menit materi bergizi dimulai oleh Bang Yopie Pangkey Blogger sekaligus fotografer beken pemilik blog www.kelilinglampung.net.  Di sesi ini beliau memaparkan banyak hal tentang trik untuk mendapatkan foto yang indah, dari segi komposisi, sudut pengambilan gambar, garis khayal, pencahayaan, object maupun background yang akan di jepret.  Satu hal yang saya garis bawahi, "Pengulangan bentuk biasanya menghasilkan foto yang cantik dan bisa dimulai dengan mengekplorasi area terdekat. Jangan lupa beri caption yang menarik dan bermanfaat bagi orang yang mencari informasi, khususnya wisatawan."
Materi kedua diberikan oleh Bang Adian Saputra, yang membahas dari sisi literasi.  Pimred jejamo.com ini memaparkan, "sebuah tulisan harus tajam dengan memberikan informasi yang lengkap seputar tempat atau kegiatan yang seorang blogger lakukan.  Totalitas dalam menulis jangan terbelenggu dengan hasil tulisan ingin seperti apa atau mendapatkan hadiah apa, melainkan biarkan ia  mengalir menemukan jodoh pembaca dan nasib tulisan itu sendiri."

Terakhir materi dari founder Tapis Blogger, Mba Naqiyyah syam yang hampir senada dengan paparan Bang Adian sebelumnya, bahwa menulis adalah pekerjaan hati yang harus dilakukan dengan konsisten dan penuh cinta.  Menulislah saja dulu, fokus dengan manfaat berupa informasi dan kebaikan yang kita sebar melalui tulisan.  Jangan memikirkan hasil apa yang hendak dicapai agar tulisan benar-benar memiliki ruh dan bukan semata menulis sebab mengejar materi atau hadiah perlombaan. Rajin melakukan branding di blog ataupun akun medsos dan blogwalking sebagai bentuk promosi diri.  Dengan sendirinya seiring waktu kesempatan kerjasama atau tawaran job menulis sebagai blogger sangat terbuka lebar.

Selain itu ketiga narasumber juga mengajak para anggota Tapis Blogger untuk ikut berperan dalam memajukan pariwisata Lampung melalui foto-toto kegiatan dan tulisan mengenai destinasi wisata provinsi.

Serius Menyimak Pemateri
Tepat menjelang adzan zuhur acara tuntas ditutup dengan pemotongan tumpeng dan makan siang bersama di lokasi Warung Sudirman. Jl. Sudirman No.14 deretan SMPN 1 Pahoman, Bandar Lampung dengan menu ayam bakar yang super lezat, plus es teh manis yang sangat cucok dengan cuaca kota Bandar Lampung hari ini yang panas menyengat.

Oya sebagai catatan tambahan, tempat ini sangat reccomended sebagai lokasi nongkrong anak muda dan keluarga.  Apa sih yang unik di sini selain menu pindang dan ayam bakar? Yang jelas suasananya ... sangat beda dengan lampu-lampu unik, lantai bebatuan dan penataan interior yang tak ditemukan di tempat lain.  Mmm... Lukisan muralnya yang menjadi tempat favorit saya untuk berfoto.


Sudut unik Warung Sudirman
Met milad 3 Tapis blogger, semoga para anggotanya senantiasa solid dan istiqomah dalam menulis serta meramaikan dunia literasi khususnya pariwisata daerah.

       
Pemotongan Tumpeng oleh Ketua Tapis Blogger
     

See you again in the next agenda ...😘😘

#odop
#estrilookcommunity

#day1

38 komentar:

  1. Barakallah tapis blogger. Semangat berbagi kebaikan ya 💓. Salut

    BalasHapus
  2. Makasih mb. Kapan2 main kelampung hehehe. Salam kenal

    BalasHapus
  3. Selamat ulang tahun teman teman Tapis Blogger. Semoga semakin Kompak dan rame rame bikin karya yang luar biasa yaaa. Aminnn

    BalasHapus
  4. Seru ya acara milad tapis blogger tersebut. Semoga para blogger lampung semakin solid dan terus menelurkan karya-karya yang memperkaya khazanah bangsa.

    BalasHapus
  5. Sukses selalu Tapia Blogger, tetaplah menyebarkan kebaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh mb hepy ....suksea juga buat dirimu ya

      Hapus
  6. Wah blogger Lampung emang keren keren ya mbak, udah Ibu ibu jga masih produktif. Semoga ke depannya makin keren yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi yg nulis, udah emak2 tue .... Hahay

      Hapus
  7. Mba kalo boleh saran, blognya dibikin tampilan seluler juga donk biar enak bwnya kalo pake hape hihi

    Semangat ya mbak salut deh rajin banget ikutan acata tapis blogger, next time kudu lebih fokus biar dapet doorprize juga hihi

    BalasHapus
  8. Selamat milad untuk Tapis Blogger. Sukses dan berkah selalu, ya. Beberapa teman blogger sering menyebut-nyebut komunitas blogger dari daerah ini plus kegiatannya. Sip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, alhamdlh ... Sukses juga buat blogger yg lain yaa...

      Hapus
  9. Barakallah Tapis Blogger, semoga terus memberikan dan menebar manfaat ya...

    BalasHapus
  10. Seru banget, ya, menghadiri acara komunitas seperti ini. Selain nambah teman, silaturahmi, banyak belajar ilmu baru juga dari komunitas.

    BalasHapus
  11. Barokalloh Tapis Blogger,, seneng banget kalo gabung dikomunitas kaya gini.
    Tetap semangat tebar kebaikan dan sukses selalu.. :)

    BalasHapus
  12. Sukses ya Tapis Blogger. Sayang milad kali ini aku nggak bisa hadir. Bentrok jadwal lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah ketemu lg di lain kesempatan Rika 😊

      Hapus
  13. Semoga tapis blogger terus eksis dan mengikuti perkembangan jaman.

    BalasHapus
  14. Wahh hebat, mbak.. Dari tahun 2007 sudah ngeblog. Saya ingat dlu masih zaman multiply itu ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener multiply hehehe tp msh jarang banget yg ngeblog, makanya stag

      Hapus
  15. wuiih seru yaaa, aku juga paling suka ikut acar macam begini mbak :)

    BalasHapus
  16. Iyaa ... Pastinya sll ada temen baru n pengalaman baru

    BalasHapus
  17. Milad Munarak ke- 3 Tapis blogger, semoga senantiasa solid dan istiqomah dalam menulis serta meramaikan dunia literasi khususnya pariwisata setempat. Makin maju dan sukses selalu

    BalasHapus
  18. btw mbak, aku tuh salah fokus terus sama simbol revowriter yang ada di pojok kiri atas. mbak revo brapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupa mb, ikut challenge yg nyambung2 dulu seminggu, lanjut lagi minggu berikutnya, total 14 hari menulis

      Hapus
  19. blogger lampung banyak ya mbak ternyata. Rutin ngadain acara begini ya? Sukses buat temen-temen di Lampung

    BalasHapus
  20. Lumayan bnyk mb, termasuk aktif sih sy liat kegiatannya. Mksh

    BalasHapus
  21. Seru banget mbak acaranya. Jadi pengen 😍
    Btw, selamat milad yang ke-3 buat Tapis Blogger.

    BalasHapus
  22. Dulu saya mulai ngeblog juga di multiply dan friendster, mbak hehe.
    2 platform itu tumbang, saya lanjutkan ke blogspot. Gak perduli gak ada yg baca, krn yg penting saya bisa menulis (curhat gak jelas). Haha

    BalasHapus
  23. Hehe iya. Dl krn kesibukan emak2 sempet gak nge-blog lagi. Skrg anak2 mulai besar kembali kangen nulis mb.

    BalasHapus

Sihir si Anak Lebah berlanjut di Lovely Glacie

Sedetikpun rasanya enggan meletakkan novel Lovely Glacie yang baru diterima magrib 13 Nopember lalu.  Banyak hal yang membuat sayang berh...

Terpopuler